Kompas.com - 12/03/2021, 19:23 WIB
Gemscool menutup seluruh layanannya mulai 31 Maret 2021. GemscoolGemscool menutup seluruh layanannya mulai 31 Maret 2021.

KOMPAS.com - Portal game online Gemscool mengumumkan akan menutup semua layanan miliknya di Indonesia pada 31 Maret 2021 mendatang. Kabar ini disampaikan langsung oleh Gemscool di halaman resminya.

Dalam tulisan "Gemscool Service Closure" tersebut, Gemscool juga turut menyampaikan terima kasih kepada para penggemarnya di Indonesia.

"Terima kasih atas seluruh dukungan yang kalian berikan dan menjadi teman perjalanan Gemscool di Indonesia selama ini," tulis Gemscool, Jumat (12/3/2021).

Sayangnya, Gemscool sendiri tidak memberikan informasi detail terkait alasan di balik penutupan layaanannya ini.

Gemscool merupakan portal sekaligus penerbit game online di Indonesia yang didirikan pada 2007 di bawah naungan PT Kreon.

Baca juga: Napi Kabur dari Penjara, Tertangkap Lagi berkat Game Call of Duty

Gemscool diklaim menjadi portal game online pertama di Indonesia. Pada 2012, Gemscool dilaporkan telah memiliki 25 juta pengguna yang terdaftar.

Gemscool sempat berjaya dengan membawa game online first person shooter Point Blank, ke Indonesia pada 2009 silam, sebelum kontrak game tersebut dialihkan kepada Garena. Namun, pada 2015, Gemscool harus kehilangan lisensi game Point Blank itu di Tanah Air.

Gemscool juga pernah menghadirkan beberapa game online lainnya di Indonesia, misalnya seperti Tree of Savior, DragonNest, Kritika Reboot, Atlantica Online, hinga Lost Saga.

Sebelum akhirnya mengumumkan menutup semua layanan miliknya, Gemscool memang sudah perlahan menutup beberapa service game dalam dua tahun terakhir terakhir.

Misalnya pada 2019, Gemscool menutup service game Tree of Savior dan DragonNest. Pada Juni 2020 lalu, giliran layanan game Lost Saga, Kritika Reboot, dan Atlantica Online yang ditutup oleh Gemscool.

Baca juga: Game Call of Duty Mobile Masuk Season 2, Ada Fitur Baru dari Versi PC

Sebagian besar game ditutup karena kontrak lisensi antara Gemscool dengan pihak pengembang memang telah berakhir, dan tidak dilakukan perpanjangan kontrak lisensi.

Khusus untuk game DragonNest, layanan game ini ditutup karena memang sepi peminat di Indonesia.



Sumber Gemscool
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X