Chrome Bisa Intip Isi Situs Web Sebelum Dibuka, Begini Caranya

Kompas.com - 14/03/2021, 14:22 WIB
Ilustrasi Google Chrome di ponsel Android. KOMPAS.com/ Galuh Putri RiyantoIlustrasi Google Chrome di ponsel Android.

KOMPAS.com - Sekarang pengguna browser Chrome di smartphone Android bisa mengintip isi situs web tanpa perlu membukanya dalam mode jendela penuh.

Hal ini dimungkinkan karena adanya fitur baru bernama "Preview Page" yang baru diluncurkan Google pada Chrome 89 untuk Android.

Dengan fitur ini, pengguna dapat melihat halaman web dalam mode prantijau (preview) tanpa perlu membukanya dalam mode jendela penuh atau di tab baru.

Sebelum ada fitur baru ini, saat Google Search menampilkan hasil pencarian, pengguna perlu membuka halaman situs, baik di jendela yang sama atau tab baru, untuk mengetahui isi halaman web tersebut.

Baca juga: Chrome Versi Baru Menolak Jalan di Komputer Tua

Dengan adanya fitur "Preview Page" ini, pengguna bisa dengan mudah mengetahui isi lengkap situs tersebut tanpa perlu membukanya secara penuh. Hal ini dapat memudahkan pengguna sekaligus menghemat waktu dalam menemukan informasi sesuai dengan yang diharapkan.

Jika informasi dari halaman situs yang sedang dipratinjau memang sesuai dengan apa yang dicari, pengguna bisa langsung membukanya di tab baru.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun, jika ternyata pengguna menilai isi informasi situs tersebut kurang relevan, halaman situs bisa langsung ditutup  tanpa perlu meninggalkan halaman utama pencarian di Google Search.

Cara menggunakan Preview Page di Chrome 89

Cara menggunakan fitur "Preview Page" ini cukup sederhana. Pengguna peramban Chrome versi 89 hanya perlu memasukkan keyword pencarian yang diinginkan di kolom pencarian Google Search.

Saat hasil penelusuran muncul, pengguna tinggal menekan dan menahan hasil pencarian yang ingin dibuka. Nanti sebuah jendela pop up akan muncul.

Cara mengintip halaman situs web di Chrome menggunakan fitur Preview Page.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Cara mengintip halaman situs web di Chrome menggunakan fitur Preview Page.

Pengguna hanya perlu mengklik opsi "Preview Page" untuk mengintip halaman situs tersebut. Setelah itu, jendela pop up akan kembali muncul. Kali ini berisi halaman situs yang dipilih sebelumnya.

Baca juga: Cara Mengelompokkan Tab di Google Chrome agar Tampilan Lebih Rapi

Melalui jendela pratinjau ini, pengguna dapat melihat informasi lengkap dari situs tersebut, layaknya membuka halaman situs di tab baru, mulai dari nama dan domain situs, favicon (ikon unik) situs, beserta judul dan isi lengkap halaman web tersebut.

Selain itu, pada jendela preview juga terdapat ikon aksi untuk membuka halaman web pada tab baru. Lalu, untuk menutup jendela pratinjau, pengguna tinggal klik ikon silang "X" atau mengusap jendela ke arah bawah.

Ketika jendela preview ditutup, pengguna akan langsung kembali ke hasil pencarian sebelumnya, tanpa perlu beralih tab, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Minggu (14/3/2021).



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.