Clubhouse Punya Fitur Monetisasi untuk Kreator Konten

Kompas.com - 06/04/2021, 17:30 WIB
ilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse Global Timesilustrasi aplikasi media sosial Clubhouse

KOMPAS.com - Media sosial berbasis audio, Clubhouse, kini bisa digunakan untuk mendapat penghasilan oleh para kreator konten. Clubhouse baru saja merilis fitur baru yang memungkinkan pengguna melakukan monetisasi.

Melalu fitur baru ini, pengguna bisa "membayar" atau mengirimkan uang kepada kreator lewat tombol "send money" yang tertera di dalam aplikasi. Pengguna cukup membuka profil kreator yang dikehendaki dan memilih opsi "send money" tersebut.

Setelah itu, pengguna akan diminta memasukkan jumlah nominal uang yang ingin dikirimkan ke kreator.

Untuk menghadirkan fitur ini, Clubhouse menggandeng perusahaan finansial Stripe. Menurut Clubhouse, perusahaan tidak akan memotong penghasilan yang diperoleh para kreator konten. Namun, akan ada sedikit biaya yang harus dikeluarkan pengguna untuk membayar layanan dari Stripe.

Baca juga: Hati-hati, Aplikasi Clubhouse Palsu di Android Bisa Curi Data Pengguna

Agar dapat mengirimkan uang kepada kreator, pengguna Clubhouse juga perlu menautkan kartu kredit atau debit miliknya.

"100 persen pembayaran akan masuk ke kreator. Pengguna yang mengirim uang juga akan dikenai biaya pemrosesan, yang akan langsung masuk ke mitra pemrosesan pembayaran kami, Stripe," tulis Clubhouse.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tampilan fitur monetisasi Payments pada aplikasi Clubhouse.Blog Clubhouse Tampilan fitur monetisasi Payments pada aplikasi Clubhouse.

Kendati demikian, saat ini, fitur pembayaran ini digelontorkan secara bertahap, dimulai dari kreator konten yang tergabung dalam grup beta.

Clubhouse mengatakan, fitur monetisasi ini baru permulaan yang disediakan oleh jejaring sosial berbasis audio itu.

Kedepannya, Clubhouse berencana menghadirkan lebih banyak fitur yang memungkinkan kreator menerima dukungan materiil langsung dari penggemarnya di Clubhouse.

Baca juga: Clubhouse, Pengancam atau Penyelamat Radio-Podcast?

Hingga saat ini, aplikasi Clubhouse baru tersedia di perangkat yang menjalankan sistem operasi iOS. Sedangkan, aplikasi Clubhouse untuk Android kabarnya sudah dalam tahap pengembangan.

Namun belum ada informasi lebih lanjut kapan Clubhouse versi Android akan tersedia, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Selasa (6/4/2021).

Clubhouse sendiri merupakan media sosial berbasis audio yang bisa digunakan untuk membuat diskusi virtual. Diskusi vritual ini nantinya dapat didengarkan secara langsung oleh pengguna lainnya.

Kendati masih seumur jagung, firma riset aplikasi App Annie mencatat aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 8,1 juta kali per 16 Februari 2021. CNBC melaporkan bahwa valuasi aplikasi ini ditaksir sekitar 1 miliar dollar AS (Sekitar Rp 13,8 triliun).

Baca juga: Discord Punya Fitur Baru Ala Clubhouse

 



Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X