Kompas.com - 02/04/2021, 16:16 WIB

KOMPAS.com - Popularitas jejaring sosial berbasis suara, Clubhouse nampaknya menginspirasi platform lain. Kali ini giliran Discord yang meniru konsep Clubhouse ke dalam platformnya.

Discord memiliki fitur baru bernama Stage Channels. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna membuat ruang obrolan audio untuk berdiskusi.

Pengguna juga bisa mengajak orang-orang tertentu untuk bercakap-cakap di dalam forum tersebut.

Melalui fitur Stage Channels pengguna Discord bisa membuat sesi diskusi virtual dengan topik tertentu yang nantinya dapat didengar secara langsung oleh pengguna lainnya.

Secara desain, tampilan fitur ini di aplikasi Discord juga terbilang sederhana, yaitu hanya ada foto profil berikut nama pengguna dibawahnya.

Baca juga: Microsoft Ingin Beli Discord Rp 142 Triliun

Bedanya dengan Clubhouse, daftar pendengar atau pembicara yang hadir di Stage Channels akan disusun dalam empat kolom.

Fitur Stage Channels di aplikasi Discordtechcrunch.com Fitur Stage Channels di aplikasi Discord
Pengguna yang berperan sebagai host atau moderator bisa memilih siapa saja partisipan yang boleh bergabung ke dalam sesi ruang obrolan. Host juga memiliki kendali atas siapa saja yang bisa berbicara dalam forum diskusi tersebut.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Jumat (2/4/2021), host juga bisa menghapus dan mengeluarkan partisipan yang dianggap mengganggu atau melakukan tindakan di luar batas.

Setiap mendengarkan sesi obrolan, pengguna akan menjumpai banyak partisipan lain yang muncul dan bisa langsung ditambahkan sebagai teman.

Jika ingin berbicara, partisipan bisa memberi tanda kepada admin bahwa mereka ingin mengutarakan pendapat dengan cara mengetuk ikon angkat tangan.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.