J&T Express Jadi Unicorn Baru Indonesia, Valuasinya Rp 113,5 Triliun

Kompas.com - 15/04/2021, 14:52 WIB
Proses penyiapan pengiriman paket dari J&T Express J&T ExpressProses penyiapan pengiriman paket dari J&T Express

KOMPAS.com - Perusahaan rintisan (startup) yang bergerak di bidang ekspedisi asal Indonesia, J&T Express telah menyandang status unicorn.

Daftar perusahaan-perusahaan unicorn dunia yang dimuat firma riset CBInsight di situsnya menyebutkan bahwa J&T Express memiliki valuasi mencapai 7,8 miliar dollar AS atau setara Rp 113,5 Triliun.

Julukan "unicorn" diberikan kepada perusahaan rintisan (startup) yang telah memiliki nilai valuasi di atas 1 miliar dollar AS atau setara dengan Rp 14,5 triliun.

Dengan demikian, Indonesia kini sudah memiliki enam startup yang berstatus sebagai unicorn, yakni yang terbaru J&T Express dan sebelumnya sudah ada Gojek, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka, dan OVO.

Baca juga: Startup Unicorn Indonesia Jadi Incaran Investor Asia

Meski tergolong pendatang baru, J&T Express menduduki posisi kedua sebagai startup unicorn Indonesia dengan nilai valuasi terbesar setelah Gojek.

Berdasarkan data CBInsight, Gojek masih berada di posisi pertama sebagai startup unicorn Indonesia dengan valuasi sebesar 10 miliar dollar AS atau setara Rp 145,6 triliun. Dengan nilai valuasi tersebut, Gojek juga sekaligus menyandang predikat sebagai startup decacorn.

Di bawah J&T Express atau di posisi ketiga ada Tokopedia dengan nilai valuasi 7 miliar dollar AS (kira-kira Rp 101,9 triliun).

Kemudian diikuti oleh Bukalapak dengan valuasi 3,5 miliar dollar AS (sekitar Rp 50,9 triliun), Traveloka 3 miliar dollar AS (sekitar RP 43,6 triliun), dan OVO dengan valuasi 2,9 miliar dollar AS (setara Rp 42,2 triliun).

Dapat suntikan dana Rp 29 triliun

J&T Express (PT Global Jet Express) didirikan di Indonesia pada 2015 oleh dua eksekutif Oppo, Jet Lee dan Tony Chen. Namanya ("J" dan "T") berasal dari inisial nama pertama kedua pendirinya. J&T Express kini dipimpin CEO Robin Lo dan berkantor di Jakarta.

Sejak 2017, penyedia layanan logistik ini gencar melakukan ekspansi bisnis ke luar Indonesia, termasuk ke Vietnam, Malaysia, Thailand, Kamboja, Singapura, Filipina, dan terbaru ke China.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X