Video: Ngobrol Bareng Naning Utoyo, Perempuan Indonesia Jagoan UX

Kompas.com - 24/04/2021, 19:26 WIB
Naning Utoyo, praktisi bidang UX asal Indonesia. Dok.PribadiNaning Utoyo, praktisi bidang UX asal Indonesia.

KOMPAS.com - Dalam beberapa tahun terakhir, lowongan pekerjaan di bidang teknologi dan informasi (TI) kian menjamur di Indonesia. Tranformasi digital menjadi faktor utama dibutuhkannya banyak pekerja di bidang TI.

Salah satu yang cukup populer adalah posisi user experience (pengalaman pengguna) atau UX. Meskipun cukup sering terdengar, masih banyak yang belum mengetahui apa itu bidang UX dan apa saja yang dilakukan.

Salah satu yang kerap menjadi pertanyaan apakah user interface (UI) dan UX adalah hal yang sama dan apakah keduanya berkaitan. Naning Utoyo, salah satu praktisi senior bidang UX menjelaskan bahwa UI atau user interface (antarmuka pengguna) adalah bagian dari UX.

Baca juga: Kisah Naning Utoyo, Perempuan Indonesia Jagoan Teknologi UX di Singapura

"UX itu sendiri bukan cuma UI saja, artinya bagaimana interaksi kamu dengan manusia. Misalnya, interaksi kamu dengan mesin yang enggak mesti ada interface-nya, itu experience juga," jelas Naning yang kini menjabat sebagai Research Lead Shopback di Singapura.

Ia menambahkan bahwa dewasa ini, memang industri yang sedang fokus dalam UX adalah perusahaan teknologi yang memiliki situs web atau aplikasi mobile demi memudahkan penggunanya.

Situs web atau aplikasi mobile tersebut memiliki antarmuka yang berisi menu-menu layanan atau produk. Setelah pengguna menutup situs web atau aplikasi tersebut, keseluruhan interaksi dengan layanan atau produk di luar aplikasi merupakan bagian dari user experience.

Baca juga: 4 Profesi Unik yang Menjanjikan Lewat Internet, Tertarik?

Contoh sederhananya adalah ketika pengguna membuka aplikasi atau situs e-commerce. Pada saat membuka aplikasi atau situs web untuk melihat produk atau memilih layanan, pengguna akan berinteraksi dengan user interface.

Di luar UI tadi, masih ada beberapa bagian lain yang secara keseluruhan membentuk user experience,  seperti ketika melakukan transaksi, ekspedisi, hingga menerima barang.

UX di bidang teknologi juga terbagi menjadi beberapa sub bidang, seperti UX writer, UX research, atau UX designer. Simak seluk beluk profesinya dalam video Antarmuka Season 2 Episode 1: Ngobrol Bareng Naning Utoyo ? "Kerja di Bidang UX Ngapain Aja?



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X