Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Turnamen Mobile Legends Khusus Gamer Perempuan Digelar di Indonesia

Kompas.com - 07/05/2021, 18:14 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - UniPin, platform top-up untuk berbagai game online, bakal menggelar kompetisi e-sports yang mempertandingkan game bikinan Moonton, Mobile Legends: Bang Bang.

Berbeda dengan turnamen MLBB pada umumnya yang diisi oleh tim yang beranggotakan para pemain laki-laki, seperti MPL atau MSC, kompetisi ini bakal diisi oleh para tim yang diisi oleh gamer perempuan.

Diberi nama "Ladies Series MLBB 2021", kompetisi ini diklaim merupakan turnamen game terbesar yang mempertandingkan tim e-sports perempuan di Indonesia.

Baca juga: Moonton Bagi-bagi Hero dan Skin Mobile Legends Gratis untuk Mei 2021

Ladies Series MLBB 2021 bakal digelar mulai 20 Mei hingga 27 Juni 2021 dengan total hadiah mencapai Rp 100 juta.

Senior Vice President UniPin Community Indonesia, Debora Imanuella, mengatakan kompetisi ini digelar karena dua turnamen sebelumnya, yang turut mempertandingkan berbagai tim e-sports perempuan, mendapatkan respons positif dari para penggemar.

Dua turnamen yang dimaksud mencakup UniPin Ladies Championship (ULC) game Mobile Legends yang digelar Februari lalu, serta PUBG Mobile Cyber Arena (PMCA) yang baru saja digelar belum lama ini.

"Antusiasme dari para penggemar serta player secara langsung kepada inisiatif ini adalah bukti bahwa turnamen perempuan perlu mendapakan perlakuan yang serius," ujar Debora dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (7/5/2021).

Baca juga: Evos Legends Juara Turnamen MPL ID Season 7

Turnamen ini sendiri, lanjut Debora, bisa menjadi ajang unjuk gigi bagi para pemain perempuan yang memainkan game Mobile Legends dilirik di kancah turnamen profesional.

"Ladies Series MLBB 2021 juga dapat menjadi batu pijakan para player ke turnamen yang lebih
besar atau mixed tournament di masa mendatang,” imbuhnya.

Terbuka bagi umum

Format turnamen Ladies Series MLBB 2021.YouTube/UniPin Gaming Format turnamen Ladies Series MLBB 2021.

Kompetisi Ladies Series MLBB 2021 akan diselenggarakan dengan sistem kualifikasi terbuka (open qualifier). Artinya kompetisi ini terbuka bagi umum. Semua tim, baik itu profesional maupun amatir bisa berpartisipasi asalkan seluruh anggotanya perempuan. 

Pendaftaran sendiri dibuka mulai hari ini, 7 Mei hingga 18 Mei 2021. Dari situ, 64 tim yang lolos pendaftaran akan bertanding di babak kualifikasi terbuka tadi yang bakal digelar pada 20 - 22 Mei 2021.

Di babak tersebut, seluruh tim akan bertanding dan 8 tim teratas dalam klasemen akhir bakal masuk ke babak liga (Regular Season) pada 27 Mei - 13 Juni 2021.

Baca juga: Ditunda Setahun gara-gara Pandemi, Turnamen Mobile Legends Asia Tenggara Kembali Digelar

Setelah itu, 6 tim teratas di klasemen akhir pada babak Regular Season akan bertanding di babak penyisihan (Playoff) dan Grand Final yang bakal digelar pada 25 - 27 Juni 2021.

Seluruh pertandingan di turnamen ini bisa disaksikan secara online melalui kanal YouTube UniPin Gaming di tautan berikut.

Informasi selengkapnya mengenai turnamen ini, seperti mekanisme pendaftaran, jadwal, dan lain sebagainya, bisa disimak di akun Instagram UniPin Community (@unipincommunity), Ladies Series MLBB 2021 (@ladiesseriesid), dan UniPin Indonesia (@unipinindonesia).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com