7 Pertanyaan Penting Seputar Kebijakan Baru WhatsApp yang Berlaku Hari Ini

Kompas.com - 15/05/2021, 14:03 WIB
Ilustrasi WhatsApp IstIlustrasi WhatsApp

KOMPAS.com - Pada awal Januari tahun ini, WhatsApp mulai menggulirkan notifikasi soal kebijakan privasi baru dari layanannya. Mulanya aturan baru ini akan diberlakukan pada 8 Februari 2021.

Namun, sedari awal digulirkan, kebijakan privasi baru WhatsApp ini menimbulkan banyak pertanyaan dan memantik rasa khawatir di kalangan penggunanya.

Alhasil, dengan alasan ingin memberikan penjelasan lebih lanjut soal aturan barunya ini, WhatsApp memutuskan untuk menunda pemberlakuan efektif kebijakan baru tersebut dan mulai berlaku hari ini, Sabtu (15/5/2021).

Untuk lebih jelasnya, KompasTekno telah merangkum tujuh hal-hal penting yang perlu diketahui seputar kebijakan privasi baru WhatsApp, yang berlaku mulai hari ini.

1. Apa saja isi pembaruan privasi WhatsApp?

Sejak awal digulirkan, ada tiga poin utama dalam pembaruan kebijakan baru WhatsApp kali ini. Pertama, soal pengguna WhatsApp Business yang bisa mengelola obrolannya.

Menurut laman FAQ WhatsApp, pelaku bisnis yang menggunakan infrastruktur hosting Facebook akan dapat mengelola obrolan WhatsApp, menjawab pertanyaan, dan mengirimkan informasi berguna seperti tanda terima pembelian dengan pelanggan mereka.

Ketika pengguna memilih berkomunikasi dengan pelaku bisnis yang menggunakan infrastruktur hosting Facebook ini, baik melalui telepon, e-mail, atau WhatsApp, pelaku bisnis dapat menggunakan informasi tersebut untuk tujuan pemasarannya, mungkin juga termasuk iklan di Facebook.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, pengguna masih diberikan kebebasan untuk memilih, apakah mereka ingin berinteraksi dengan akun bisnis tersebut atau tidak.

Banner notifikasi perubahan kebijakan WhatsApp yang muncul ketika aplikasi tersebut dibuka pada akhir April 2021. Ukurannya menutupi keseluruhan layar dan berjumlah dua halamanKOMPAS.com/ BILL CLINTEN Banner notifikasi perubahan kebijakan WhatsApp yang muncul ketika aplikasi tersebut dibuka pada akhir April 2021. Ukurannya menutupi keseluruhan layar dan berjumlah dua halaman
Kedua ialah soal pemprosesan data pengguna. Dalam pembaruan ini, WhatsApp melakukan penambahan soal informasi cara kerja aplikasi.

Pembaruan ini termasuk bagaimana data diproses dan bagaimana data pengguna dijaga agar tetap aman.

Ketiga soal bagaimana WhatsApp bekerja sama dengan induknya, Facebook.

Baca juga: Tolak Kebijakan Baru WhatsApp, Pengguna akan Kehilangan Fitur Ini

Dalam pembaruan ini, WhatsApp memberi contoh spesifik untuk menggambarkan bagaimana pihaknya bekerja sama dengan Facebook, terutama dalam hal penawaran produk dan jasa.

Halaman:


Sumber WABetaInfo
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.