Firefox 89 untuk Desktop Hadir dengan Tampilan Baru

Kompas.com - 04/06/2021, 08:41 WIB
Logo browser Firefox dari Mozilla. FirefoxLogo browser Firefox dari Mozilla.

KOMPAS.com - Pekan ini, Mozilla resmi merilis update untuk layanan peramban web-nya (browser), Firefox dengan membawa sejumlah fitur dan tampilan baru untuk platform desktop (PC/laptop).

Dalam update Firefox 89 ini, tampilan browser desktop dirombak dengan desain gaya baru yang serba flat dan lebih sederhana, mulai dari toolbar, tab, hingga tampilan menu.

Bagian tab kini memiliki sudut lebih membulat dan ukurannya sedikit diperbesar, yang diharapkan dapat mempermudah pengguna dalam navigasi antar-tab yang terbuka.

Baca juga: Mozilla Rilis Layanan VPN Firefox, Bisa Dipakai Gratis

Jika pengguna menggeser tab ke samping kanan atau kiri, nantinya pengguna akan melihat bayangan isi tab yang seolah "mengambang" seperti di bawah ini.

Tampilan baru di Mozilla Firefox versi 89youtube/Firefox Tampilan baru di Mozilla Firefox versi 89

Warna yang diusung di bagian menu pun kini lebih soft dan didominasi dengan warna terang, baik di perangkat desktop maupun mobile.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di versi terbaru Firefox ini, Mozilla telah mengurangi jumlah ikon menu di bagian toolbar, sehingga tampilannya kini lebih bersih dibanding sebelumnya.

Baca juga: Mozilla Perkenalkan Logo Baru Firefox

Perubahan lainnya juga terletak di bagian menu kontrol mikrofon dan kamera. Kedua opsi tersebut kini tampil dalam satu halaman yang sama.

Dua tombol persetujuan yakni "Allow" dan "Block" juga dikemas dengan warna yang senada. Sebelumnya, kedua tombol itu mengusung warna biru tua dan abu-abu.

Tampilan baru di Mozilla Firefox versi 89GSM Arena Tampilan baru di Mozilla Firefox versi 89

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Digital Trends, Jumat (4/6/2021), jendela yang berisi notifikasi atau pemberitahuan juga lebih jarang muncul, alias diminimalisir, sehingga pengguna tidak akan merasa terganggu.

Baca juga: Mengenal Apa itu Cookie Browser dan Langkah Mengelolanya

Bagi Anda yang ingin mencicipi tampilan Firefox versi 89 ini, Anda bisa memperbaruinya dengan cara mengunjungi menu "Help" lalu pilih "About Firefox" di browser desktop.

Jika update sudah tersedia, Anda bisa langsung klik pilihan tersebut, lalu pilih "Restart" Firefox untuk menerapkan pembaruannya.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X