Windows 11 Bisa Jalankan Aplikasi Android Tanpa Emulator

Kompas.com - 25/06/2021, 09:51 WIB
Aplikasi Android bisa berjalan di Windows 11 tanpa modifikasi. MicrosoftAplikasi Android bisa berjalan di Windows 11 tanpa modifikasi.

KOMPAS.com - Microsoft membawa kejutan saat meluncurkan Windows 11, Kamis (24/6/2021). Sistem operasi anyar itu bisa menjalankan aplikasi Android tanpa modifikasi khusus.

Ini merupakan pertama kalinya Microsoft menghadirkan kemampuan tersebut. Selama ini, aplikasi Andorid bisa dijalankan di sistem operasi Windows dengan bantuan emulator atau melakukan dual boot OS.

Aplikasi-aplikasi Android ini bisa ditemukan di Microsoft Store dan diunduh melalui Amazon App Store. Setelah diunduh, aplikasi bisa disematkan (pin) ke taskbar atau disandingkan dengan aplikasi tradisional Windows.

Baca juga: Cara Mematikan Komputer Windows 10 secara Otomatis

Microsoft juga bekerja sama dengan Intel menggunakan teknologi Intel Bridge, yang membuat aplikasi Android bisa berjalan di sistem x86. Aplikasi Android di Windows 11 tak hanya  bekerja dalam komputer ber-CPU Intel saja, melainkan juga AMD dan ARM.

Langkah ini kemungkinan diambil Microsoft untuk berusaha mengimbangi permainan Apple dengan chip M11.

Untuk diketahui, chip M11 memungkinkan aplikasi iOS berjalan di sistem operasi macOS. Sementara Microsoft memilih untuk merangkul pesaing utama iOS, yang tak lain adalah Android.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Windows 11 Gratis untuk Pengguna Windows 10

Dirangkum KompasTekno dari The Verge, Jumat (25/6/2021), dalam acara peluncuran Microsoft mendemonstrasikan aplikasi TikTok yang berjalan di Windows 11. Ada beberapa aplikasi yang ikut dimunculkan, seperti Ring, Yahoo, Uber, Spotify, dan masih banyak lainnya.

Kendati demikian, belum bisa diketahui pasti seberapa mulus aplikasi Android bisa berjalan di Windows 11 tanpa langsung mencobanya sendiri. Microsoft mengumumkan versi beta publik Windows 11 baru akan digulirkan pekan depan.

Sementara versi resminya belum diketahui pasti kapan akan dirilis. Microsoft memperkirakan perilisan sekitar masa liburan akhir tahun, antara bulan November atau Desember 2021.

Sejak 2015

Jika ditarik mundur, pengumuman tentang aplikasi Android yang bisa dijalankan di Windows 11 sudah pernah disiapkan Microsoft beberapa tahun lalu.

Baca juga: Fitur Your Phone Bisa Operasikan Ponsel di Desktop Windows 10

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X