Windows 11 Resmi Meluncur, Lebih Segar dan Dukung Android

Kompas.com - 25/06/2021, 07:02 WIB
Tampilan antarmuka (UI) Windows 11. GSM ArenaTampilan antarmuka (UI) Windows 11.

KOMPAS.com - Setelah muncul beberapa rumornya beberapa waktu lalu, Microsoft akhirnya resmi merilis Windows 11. Acara peluncuran dilakukan secara virtual, Jumat (25/6/2021) dini hari waktu Indonesia.

Perombakan besar-besaran diusung sistem operasi anyar ini, mulai dari desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih, pembaruan fitur manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android.

Perubahan langsung terlihat pada bagian antarmuka. Terutama di bagian taskbar dan menu start. Menu-menu itu tidak lagi ada kiri, Microsoft menggesernya ke sisi tengah seperti di antarmuka MacOS.

Baca juga: Windows 10 Akan Dipensiunkan Oktober 2025

Walhasil sisi kiri bersih tanpa ikon apa pun. Untuk beberapa item, seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih ada di sisi kanan taskbar. Sementara itu, menu start berada tepat di tengah.

Menu Start memiliki kolom pencarian yang ada di sisi atas, lalu beberapa aplikasi yang disematkan (pin), serta beberapa aplikasi yang direkomendasikan. Dari menu ini, pengguna bisa mengotak-atik profil serta mematikan komputer.

Tidak hanya di bagian ikon. Microsoft juga mengubah sedikit tampilan jendela tugas yang kini sudut sedikit membulat, alih-alih tajam seperti windows lama.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tema UI Windows 11 lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang lebih lembut dan terlihat segar. Perubahan ini berdampak cukup signifikan terhadap tampilan Windows 11.

Jendela tugas yang sudutnya sedikit lebih membulat, tidak lagi tajam seperti di versi Windows sebelumnya.GSM Arena Jendela tugas yang sudutnya sedikit lebih membulat, tidak lagi tajam seperti di versi Windows sebelumnya.

Selain itu, Microsoft memperkenalkan Snap Layout, Snap Group, dan Desktop yang disebut akan memudahkan pengguna untuk mengatur lebih banyak jendela dan mengaksesnya lebih cepat, ketika sedang melakukan multitasking.

Microsoft juga mengintegrasikan aplikasi video konferensinya, Teams langsung ke Windows 11. Teams langsung bisa ditemukan di taskbar, sehingga pengguna lebih mudah menemukannya.

Baca juga: Microsoft Susul Apple Jadi Perusahaan 2 Triliun Dollar AS

Ada pula panel widget yang bisa dimunculkan dari sisi kanan layar. Widget akan memberikan kilas informasi dari semua aplikasi. Windows 11 juga akan mendukung perangkat touchscreen secara khusus.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X