Fitur Baru Zoom Bisa Cegah Siswa Saling Ganggu Saat Belajar Online

Kompas.com - 12/08/2021, 17:05 WIB
ilustrasi Aplikasi Video Conference Zoom CNETilustrasi Aplikasi Video Conference Zoom

KOMPAS.com - Selama pandemi, popularitas aplikasi video conference Zoom kian meroket. Zoom banyak digunakan sebagai sarana tatap muka untuk bekerja hingga mendukung kegiatan belajar mengajar secara online.

Untuk menunjang kebutuhan pengguna, khususnya yang menggunakan Zoom untuk belajar online, Zoom merilis fitur baru bernama Focus Mode.

Sesuai namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk lebih fokus saat melakukan tatap muka secara virtual melalui aplikasi Zoom.

Saat melakukan kegiatan belajar mengajar secara online, fitur ini dapat diaktifkan oleh host, dalam hal ini adalah guru.

Baca juga: Cara Merekam Meeting Zoom di PC dan Laptop

Ketika Focus Mode diaktifkan, host atau guru masih bisa melihat semua peserta yang ada di dalam kelas virtual. Namun, peserta tidak dapat melihat peserta lainnya, sehingga diharapkan siswa akan fokus pada materi yang disajikan oleh host.

"Focus Mode dirancang dengan mempertimbangkan lingkungan pembelajaran digital. Fitur ini memungkinkan host dan co-host melihat semua video peserta, tanpa peserta lain saling melihat," tulis Zoom di halaman resminya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain menguntungkan bagi pihak pengajar, Focus Mode juga memudahkan para siswa untuk melihat gurunya secara personal tanpa merasa terganggu dengan tampilan video dari peserta lainnya.

Alhasil, para siswa pun bisa menjadi tidak keberatan atau malu jika ingin menyalakan kamera mereka sendiri.

Zoom mengatakan bahwa fitur Focus Mode bisa diaktifkan saat melakukan panggilan video dengan sejumlah akun, grup, atau individu.

Baca juga: Cara Membuat Breakout Rooms di Zoom dan Memakainya

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9To5Mac, Kamis (12/8/2021), Focus Mode dapat diakses melalui tombol "More" yang muncul saat panggilan berlangsung. Kemudian, host cukup memilih untuk mengaktifkan mode tersebut.

Saat Focus Mode diaktifkan, akan muncul tanda dan pemberitahuan khusus di bagian kiri atas.

Dengan hadirnya fitur Focus Mode ini, pelajar bisa fokus dalam sesi kelas online tanpa menghiraukan berbagai gangguan yang mungkin saja datang dari peserta lain ketika tatap muka berlangsung.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.