4 Provinsi di Indonesia yang Sinyal 4G-nya Paling Merata

Kompas.com - 08/09/2021, 08:10 WIB
Ilustrasi jaringan 5G IstIlustrasi jaringan 5G

KOMPAS.com - Indonesia sudah mulai memasuki era komersialisasi jaringan 5G. Namun, keberadaan layanan 5G yang masih langka membuat jaringan 4G masih menjadi andalan bagi masyarakat, ketika harus mengakses internet dengan paket data.

Salah satu aspek penting ketika mengakses internet seluler melalui jaringan 4G ialah soal ketersediaan jaringan 4G itu sendiri di tiap-tiap wilayah.

Dari total 34 provinsi di Indonesia, ada empat provinsi yang memiliki ketersediaan (availability) jaringan 4G lebih dari 89 persen. Empat provinsi tersebut adalah Kepulauan Riau (90,5 persen), Jawa Barat (89,8 persen), Banten (89,7 persen), dan Bali (88,7 persen).

Baca juga: Riset Speedtest: 4G Telkomsel Tercepat, Smartfren Terluas

Dengan kata lain, di empat provinsi tersebut, masyarakatnya bisa dengan mudah terhubung dengan sinyal 4G, di manapun mereka berada.

Hasil ini terungkap dari laporan kinerja jaringan seluler 4G di Indonesia, dari penyedia layanan benchmarking kecepatan internet Speedtest, Ookla.

Dengan ketersedian jaringan 4G yang besar, ini membuat pelanggan seluler di provinsi Kepulauan Riau, Jawa Barat, Banten, dan Bali bisa lebih mudah menjangkau koneksi internet 4G dari operator seluler, ketimbang provinsi lainnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Di Kepulauan Riau, misalnya. Berdasarkan data Speedtest Intelligence untuk kuartal-I 2021 dan kuartal-II 2021, di kebanyakan waktu, 90,5 persen pengguna internet seluler di sana paling sering terhubung dengan sinyal 4G. Begitu pula dengan pengguna internet di provinsi Jawa Barat, Banten, dan Bali.

Peta ketersediaan jaringan 4G di Indonesia berdasarkan provinsi.Speedtest.net Peta ketersediaan jaringan 4G di Indonesia berdasarkan provinsi.

Ketersediaan jaringan 4G di provinsi lain

Di Indonesia, jaringan 4G sendiri pertama kali hadir di Indonesia pada akhir 2014 silam. Sejak saat itu, pemerintah terus melakukan pemerataan ketersediaan jaringan 4G di seluruh penjuru wilayah Indonesia.

Menurut data Speedtest, ketersediaan jaringan 4G di Tanah Air seluruhnya sudah mencapai 89,2 persen.

Di samping empat provinsi yang telah disebutkan di atas, ada 24 provinsi di Indonesia yang memiliki ketersediaan jaringan 4G di rentang 84-89 persen.

Baca juga: Kecepatan Internet Seluler Indonesia Nomor Dua Paling Lemot Se-ASEAN

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Speedtest
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.