Fitur Baru MIUI Bakal Bikin Ponsel Xiaomi seperti iPhone

Kompas.com - 08/09/2021, 14:38 WIB
Redmi Note 10 Pro menjalankan sistem operasi Android 11 dan sudah dilapisi antarmuka MIUI 12. KOMPAS.com/ GALUH PUTRI RIYANTORedmi Note 10 Pro menjalankan sistem operasi Android 11 dan sudah dilapisi antarmuka MIUI 12.

KOMPAS.com - Untuk meningkatkan pengalaman pengguna, Xiaomi rajin meluncurkan pembaruan software antarmuka (user interface/UI), MIUI garapannya.

Sebelum merilis ke pengguna, perusahaan rintisan Lei Jun ini kerap melakukan uji coba fitur-fitur baru MIUI selanjutnya, melalui saluran beta. Salah satu fitur baru yang sedang diuji coba Xiaomi saat ini adalah MIUI Pure Mode.

Lantas, apa itu fitur MIUI Pure Mode di Xiaomi?

MIUI Pure Mode adalah sebuah fitur yang memungkinkan software MIUI menon-aktifkan aplikasi yang di-install dari luar dari toko aplikasi resmi (sideloading), secara default.

Baca juga: Xiaomi Rilis MIUI 12.5 Enhanced Edition, Apa Bedanya dengan MIUI Biasa?

Artinya, pengguna yang menerapkan MIUI Pure Mode ini tidak bisa mengunduh atau memasang aplikasi dari sumber selain toko aplikasi resmi. Dengan kata lain, pengguna tidak bisa sideloading atau memasang aplikasi lewat file APK.

Selain itu, MIUI Pure Mode ini juga akan mencegah pemasangan aplikasi di latar belakang (background installation) tanpa sepengetahuan pengguna.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Seperti iPhone

Dengan fitur ini, Xiaomi ingin mengatasi melindungi pengguna dari masalah keamanan yang mungkin terjadi, bila pengguna meng-install aplikasi berbahaya dari sideloading.

Sebab, menurut vendor ponsel China itu, sekitar 40 persen aplikasi yang di-install menggunakan penginstal MIUI default belum lulus audit keamanan Xiaomi.

Xiaomi juga menyebut 10 persen aplikasi yang dipasang menggunakan penginstal MIUI terdeteksi memiliki risiko keamanan.

Baca juga: Bos Xiaomi Indonesia Tanggapi Keluhan Mi Fans soal Iklan di MIUI

Xiaomi Redmi 10 PrimeBGR.com Xiaomi Redmi 10 Prime

Bila fitur ini benar-benar hadir, ponsel yang mengaktifkan MIUI Pure Mode nantinya akan senasib dengan iPhone, yakni sama-sama tidak bisa sideloading.

Halaman:


Sumber GSM Arena
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.