Review TWS Ugreen HiTune X5, Suara Jernih dan Bass "Nendang"

Kompas.com - 09/09/2021, 11:07 WIB
Earphone TWS Ugreen HiTune X5 di dalam charging case, bersama kotak kemasannya KOMPAS.com/ OIK YUSUFEarphone TWS Ugreen HiTune X5 di dalam charging case, bersama kotak kemasannya
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Semenjak dipopulerkan oleh AirPods beberapa tahun lalu, produk earphone True Wireless Stereo (TWS) semakin banyak bermunculan. Tak sedikit pula pabrikan yang ikut nyemplung ke kategori perangkat ini, termasuk Ugreen.

Nama Ugreen mungkin lebih akrab di telinga pengguna gadget sebagai pembuat aneka aksesori seperti kabel dan hub USB hingga charger. Portfolio produknya sekarang juga turut mencakup earphone TWS dengan harga bersaing, salah satunya adalah HiTune X5.

Di jajaran produk Ugreen, HiTune X5 adalah model TWS flagship, tapi, banderolnya tak sampai jutaan rupiah. Toko resmi Ugreen di salah satu marketplace online Indonesia menjualnya dengan harga Rp 659.000.

Banderol itu menempatkan HiTune X5 di antara sekian banyak earphone TWS murah meriah dan model-model TWS papan atas dari pabrikan ternama. Dari kelengkapan fiturnya pun bisa dibilang berada di papan tengah.

Seperti apa wujud Ugreen HiTune X5 dan sebagus apa kualitas suaranya? Ikuti ulasan singkat KompasTekno berikut ini.

Kemasan dan aksesori pelengkap

Ugreen HiTune X5 datang dalam boks berbentuk persegi panjang dengan warna dasar hitam. Ukurannya lebih kurang sepanjang tangan orang dewasa.

Bagian belakang kemasan Ugreen HiTune X5 berisi keterangan cara menggunakan kendali gestur di touch panel, berikut spesifikasi earphoneKOMPAS.com/ OIK YUSUF Bagian belakang kemasan Ugreen HiTune X5 berisi keterangan cara menggunakan kendali gestur di touch panel, berikut spesifikasi earphone
Di bagian depan terdapat branding "X5" berukuran besar. Di belakang boks tertera informasi tentang kendali-kendali berbasis sentuhan yang bisa dilakukan. Pemiliknya pun bisa langsung mengetahui rangkaian kendali itu tanpa harus membuka buku manual.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain sepasang unit earphone yang tersimpan di dalam charging case, Ugreen turut menyertakan aksesori pelengkap lain berupa silicone ear tip dalam tiga ukuran berbeda untuk mengakomodir kebutuhan pengguna.

Kelengkapan aksesori di dalam kemasan Ugreen HiTune X5, ada tiga buah silicone tips berbeda ukuran, booklet panduan, dan kabel USB A ke USB CKOMPAS.com/ OIK YUSUF Kelengkapan aksesori di dalam kemasan Ugreen HiTune X5, ada tiga buah silicone tips berbeda ukuran, booklet panduan, dan kabel USB A ke USB C
Ugreen juga menyelipkan sebuah booklet manual berisi keterangan-keterangan produk seperti cara melakukan pairing, makna indikator baterai, serta troubleshooting.

Baca juga: Menjajal TWS Oppo Enco Buds untuk Main Game dan Mendengarkan Musik

Kemasan ringkas, tampilan unik

Dari bentuk fisiknya, HiTune X5 terbilang unik karena seolah terdiri dari tiga bagian, yakni ujung silicone tip, tubuh utama earphone, dan bagian luar berbentuk mirip almond, alih-alih berupa tangkai atau menyatu dengan badan utama.

Kendali sentuhan lewat tapping dengan jari dilakukan di bagian luar yang dihiasi pola titik-titik dan logo Ugreen. Di sini juga terdapat kampu indikator status koneksi Bluetooth.

Ugreen HiTune X5 di telapak tangan. Earphone ini memiliki bentuk unik yang seolah terdiri dari tiga bagian. Sisi luar berbentuk almond yang agak memanjang ke bawah memuat touch panel untuk kendali sentuhan dengan jariKOMPAS.com/ OIK YUSUF Ugreen HiTune X5 di telapak tangan. Earphone ini memiliki bentuk unik yang seolah terdiri dari tiga bagian. Sisi luar berbentuk almond yang agak memanjang ke bawah memuat touch panel untuk kendali sentuhan dengan jari
Charging case HiTune X5 berwarna abu-abu dengan finishing glossy. Bentuknya ringkas sehingga mudah untuk diselipkan di saku pakaian. Pengisian daya dilakukan dengan port USB tipe C yang terletak di bagian bawah.

Di bagian belakang charging case terdapat tombol yang dignakan untuk me-reset semua setting ke kondisi bawaan dari pabrik. Tombol ini berbentuk rata (flush) dengan sekelilingnya agar tidak mudah tertekan secara tak sengaja.

Sisi depan memiliki tiga buah lampu indikator yang menunjukkan status baterai charging case. Jika kosong, maka hanya lampu paling kiri yang menyala dan berkedip.

Sisi depan charging case Ugreen HiTune X5 memuat tiga indikator status baterai, sementara di belakang terdapat tombol untuk me-reset setting BluetoothKOMPAS.com/ OIK YUSUF Sisi depan charging case Ugreen HiTune X5 memuat tiga indikator status baterai, sementara di belakang terdapat tombol untuk me-reset setting Bluetooth
Lampu kiri dan kanan akan berkedip (pulsing) saat charging case mengisi unit earphone di dalamnya. Earphone dimasukkan ke dalam charging case dalam posisi berdiri (vertikal).

Mekanisme buka-tutup engsel charging case terasa solid. Ada pegas yang menahan tutup case agar tetap terbuka saat earphone hendak dikeluarkan.

Ketika dikenakan, bagian silicone tip HiTune X5 terasa kurang dalam masuk ke lubang telinga. Bagian "leher" yang menopang driver dan silicone tip itu ternyata memang agak pendek jika dibandingkan dengan earphone TWS lain.

Baterai earphone diisi dengan cara dimasukkan ke dalam charging case. Sementara, charging case diisi dayanya lewat port USB tipe C di sisi bawahKOMPAS.com/ OIK YUSUF Baterai earphone diisi dengan cara dimasukkan ke dalam charging case. Sementara, charging case diisi dayanya lewat port USB tipe C di sisi bawah
Walhasil, earphone ini terasa agak longgar di telinga dan kurang mantap menyegel layaknya tipe in-ear.

Pengguna bisa mengganti silicone tip bawaan dengan yang berukuran lebih besar, tapi mungkin jadinya akan terlalu rapat.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.