Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A52s Dipastikan Hadir di Indonesia

Kompas.com - 10/09/2021, 12:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah dirilis di Inggris pada Agustus lalu, Samsung Galaxy A52s dipastikan akan segera hadir di Indonesia. Indikasinya, pihak Samsung Indonesia telah menyebar undangan acara virtual yang akan berlangsung pekan depan kepada awak media.

Galaxy A52s sendiri merupakan versi upgrade dari Galaxy A52 yang telah dirilis pada pertengahan Maret lalu di Indonesia.

Sebelum ada undangan pers ini, kehadiran Galaxy A52s di Indonesia sebenarnya sudah terendus sejak Agustus lalu, selang beberapa hari saja setelah ponsel ini meluncur di Inggris.

Galaxy A52s yang diyakini memiliki nomor model SM-A528B itu sudah muncul di halaman TKDN Kementerian Perindustrian. Perangkat tersebut sudah lolos TKDN dengan nilai sebesar 38,30 persen.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 Resmi Meluncur di Indonesia

Samsung Galaxy A52s dengan nomor model SM-A528B lolos uji TKDN, segera masuk Indonesia.TKDN Kemenperin. Samsung Galaxy A52s dengan nomor model SM-A528B lolos uji TKDN, segera masuk Indonesia.
Sertifikasi bernomor 6710/SJ-IND.8/TKDN/8/2021 itu diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia tanggal 20 Agustus 2021.

Spesifikasi dan harga Galaxy A52s

Belum diketahui apakah spesifikasi Galaxy A52s yang dibawa ke Indonesia akan sama seperti yang dirilis di Inggris bulan lalu.

Samsung Indonesia sendiri belum memberikan kisi-kisi soal spesifikasi Galaxy A52s yang akan dijual di Tanah Air.

Namun, bila mengacu pada spesifikasi Galaxy A52s yang dirilis di Inggris, ponsel ini mengusung layar Super AMOLED berdiagonal 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate hingga 120 Hz.

Di bagian atasnya, terdapat punch hole yang memuat kamera selfie 32 MP (f/2.

2). Di bagian punggung ponsel ini terdapat empat buah kamera yang terdiri dari kamera utama 64 MP (f/1.8, OIS), kamera ultra wide 12 MP (f/2.2), kamera macro 5 MP, dan kamera depth sensor 5 MP.

Baca juga: Dibanderol Rp 52 Juta, Samsung Z Fold3 dan Flip3 Thom Browne Ludes di Indonesia

Galaxy A52s 5G dibekali chip Snapdragon 778G 5G dengan fabrikasi 6nm. Chip tersebut dipadankan dengan tiga kombinasi RAM dan penyimpanan, yakni 6 GB/128 GB, 8 GB/128 GB, dan 8 GB/256 GB.

Dari segi performa, kehadiran chip Snapdragon 778G diklaim mampu mendongkrak performa Galaxy A52s 5G. Sebagai perbandingan, Galaxy A52 "reguler" dibekali dengan chip Snapragon 750G.

Galaxy A52s 5G masih memiliki baterai berkapasitas 4.500 mAh dengan dukungan fast charging 25 watt seperti Galaxy A52.

Spesifikasi lain yang dibawa oleh ponsel ini antara lain slot microSD, Bluetooth 5.0, Wi-Fi 802.11 b/g/n, dua slot nano-SIM, dan sertifikat ketahanan air dan debu IP67.

Galaxy A52s tersedia dalam empat varian warna yang terdiri dari Awesome Black, Awesome White, Awesome Violet dan Awesome Mint.

Di Inggris, Samsung membanderol Galaxy A52s dengan harga 410 poundsterling atau sekitar Rp 8,1 juta. Sebagai catatan, harga di kawasan Eropa biasanya memang lebih mahal dibandingkan dengan Indonesia.

Untuk lebih pastinya, spesifikasi dan harga Galaxy A52s di Indonesia harus menunggu hingga  peluncuran resmi ponsel ini minggu depan. Kita tunggu saja.

Baca juga: Deretan Ponsel yang Siap Meluncur Bulan September, Galaxy S21 FE, iPhone 13, dan Pixel 6

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com