Facebook Luncurkan Kacamata Pintar Ray-Ban Stories, Bisa Memotret hingga Dengar Podcast

Kompas.com - 10/09/2021, 11:01 WIB

KOMPAS.com - Facebook tidak hanya bergerak di industri media sosial. Perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini juga kerap merilis produk-produk teknologi seperti perangkat Virtual Reality (VR) Oculus hingga aplikasi VR Horizon Workrooms.

Kini Facebook resmi mengumumkan perangkat terbarunya berupa kacamata cerdas (smart glasses) yakni Ray-Ban Stories. Sesuai namanya, kacamata cerdas ini dibuat lewat kemitraan antara Facebook dengan EssilorLuxottica, perusahaan yang membuat kacamata Ray-Ban.

Ray-Ban Stories merupakan kacamata cerdas pertama buatan Facebook. Dari segi desain, Ray-Ban Stories tidak berbeda dengan kacamata hitam pada umumnya. 

Bedanya, kacamata pintar Ray-Ban Stories ini dilengkapi dengan sepasang kamera, tiga mikrofon bawaan, serta speaker.

Facebook umumkan kacamata cerdas Ray-Ban Stories. Kacamata ini memiliki dua kamera dan dapat terhubung dengan ponsel pengguna. Facebook Facebook umumkan kacamata cerdas Ray-Ban Stories. Kacamata ini memiliki dua kamera dan dapat terhubung dengan ponsel pengguna.

"Pengguna bisa mengambil video, mendengarkan musik dan podcast, atau menerima telepon tanpa harus mengeluarkan ponsel dari saku Anda," kata Mark Zuckerberg dalam sebuah video di akun resmi Facebook.

Baca juga: Zuckerberg Ramal Kacamata Pintar Bakal Jadi Tren di Masa Depan

Ray-Ban Stories dibekali dengan sepasang kamera 5 MP yang terletak masing-masing di dekat gagang kacamata. Kamera ini bisa digunakan untuk mengambil foto dan video dengan durasi maksimal 30 detik menggunakan tombol atau asisten suara Facebook.

Sepasang kamera ini juga sudah dilengkapi dengan lampu LED yang akan menyala bila pengguna mengambil foto atau video. Lampu tersebut dibuat agar orang-orang sekitar mengetahui pengguna tengah mengambil foto atau video.  

smart glasses Ray-Ban Stories hadir dalam 20 varian model dan warna.Facebook smart glasses Ray-Ban Stories hadir dalam 20 varian model dan warna.
Ray-Ban Stories juga dapat terhubung dengan dengan aplikasi Facebook View yang baru. 

Aplikasi Facebook View ini tersedia di iOS dan Android. Aplikasi ini dapat memudahkan pengguna untuk mengirim konten yang diambil Ray-Ban Stories ke ponsel.

Melalui aplikasi tersebut, pengguna juga bisa mengunggah gambar serta video yang diambil ke Facebook, Instagram, WhatsApp, Messenger, Twitter, TikTok, Snapchat, dan lainnya.

Baca juga: Facebook Bikin Perangkat VR Berbentuk Kacamata

Kacamata cerdas ini juga dilengkapi dengan teknologi Beamforming dan algoritma khusus yang dapat meredam bising.

Ray-Ban Stories dijual seharga 299 dollar AS atau sekitar Rp 4,2 juta.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman resmi Facebook, Jumat (10/9/2021), Ray-Ban Stories ini hadir dalam 20 variasi gaya, dan akan mulai dijual melalui toko ritel tertentu di AS, Australia, Kanada, Irlandia, Italia, dan Inggris.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Facebook
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.