Mengenal "Cinematik Mode", Fitur Video ala Hollywood di iPhone 13

Kompas.com - 21/09/2021, 15:05 WIB

KOMPAS.com - Empat model yang masuk dalam lini iPhone 13, resmi diperkenalkan oleh Apple beberapa waktu lalu. Dibandingkan pendahulunya, lini iPhone 13 dibekali sejumlah peningkatan, terutama di aspek kamera.

Salah satunya peningkatan yang cukup signifikan ialah hadirnya fitur baru bernama Cinematic mode. Fitur ini tersedia di keempat model iPhone 13 terbaru.

Menariknya, fitur ini juga bisa digunakan di semua kamera iPhone 13, baik kamera depan maupun kamera belakang yang terdiri dari kamera utama, ultrawide, telefoto.

Sesuai dengan namanya, fitur Cinematik Mode ini memungkinkan pengguna iPhone 13 model apapun untuk dapat merekam video dengan menambahkan efek bokeh secara otomatis pada objek video. Dengan begitu, pengguna bisa menghasilkan video bergaya sinematik.

Baca juga: iPhone 13 dan iPhone 13 Mini Resmi Meluncur

Atur efek bokeh sesuai keinginan

Cinematic mode merupakan fitur perekaman video terpisah dari fitur perekaman video tradisional.

Untuk bisa menggunakannya, pengguna perlu membuka aplikasi kamera, kemudian pilih opsi "Cinematic" yang ada di layar.

Secara default, Cinematic mode memiliki rasio perekaman video 16:9, bekerja dalam resolusi 1080p 30fps (bukan 60fps).

Karena berfungsi menambahkan efek bokeh (blur), pengguna bisa mengatur bukaan lensa (aperture) untuk menyesuaikan efek bokeh yang diinginkan.

Bila ingin menambah efek bokeh, pengguna tinggal menurunkan aperture yang diwakili dengan f-stop (f/X) di sudut kanan atas layar.

Sebaliknya, bila ingin mengurangi efek bokeh, pengguna tinggal menambahkan bukaan lensa. Semakin kecil nilai "f", maka efek bokeh (blur) semakin terlihat jelas. Misalnya, bukaan lensa f/2.0 akan menghasilkan efek bokeh yang lebih dalam ketimbang f/5.0.

Baca juga: Ini Bukti iPhone 13 Lebih Kencang dari iPhone 12

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.