BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Dari Smartband hingga TWS, Ini 3 Kombinasi Perangkat Terkini untuk Dukung Gaya Hidup Kekinian

Kompas.com - 22/09/2021, 13:57 WIB
Kombinasi konektivitas smartphone dan smartband mampu menunjang aktivitas multitasking pengguna. (DOK. Oppo Indonesia).Kombinasi konektivitas smartphone dan smartband mampu menunjang aktivitas multitasking pengguna.

KOMPAS.com - Saat ini, kehadiran perangkat elektronik yang saling terkoneksi satu sama lain kian digemari masyarakat. Hal ini dianggap dapat memudahkan aktivitas pengguna, baik untuk urusan pekerjaan maupun multimedia.

Misalnya, konektivitas gelang pintar dan ponsel pintar yang dipakai pengguna dapat memudahkannya untuk melihat notifikasi tanpa harus mengecek ponsel.

Adapun berbagai macam notifikasi yang bisa dilihat di antaranya, informasi cuaca, email, SMS, telepon masuk, serta akses berita. Dengan demikian, saat smartphone ada di dalam tas pun, pengguna dapat mengetahui kabar yang masuk ke dalam ponselnya.

Baca juga: Biar Makin Gereget, Ini 5 Perangkat Penting yang Perlu Dimiliki Mobile Gamers

Manfaat kepraktisan tersebut amat membantu masyarakat modern sekaligus menjawab kebutuhan masyarakat perkotaan yang mendambakan perangkat saling terkoneksi.

Lalu, apa saja 3 perangkat terkini yang mampu mendukung gaya hidup kekinian kamu? Simak ulasannya di bawah ini.

1. Smartband

Smartband merupakan salah satu perangkat teknologi yang dapat dikenakan atau wearable. Fungsi utama perangkat ini adalah sebagai pemantau kebugaran atau kesehatan pengguna. Tak heran bila perangkat ini banyak dimiliki oleh orang yang suka berolahraga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Fitur yang lazim dimiliki smartband adalah pencatat aktivitas harian atau daily activity. Fitur ini berfungsi untuk menghitung berapa langkah yang sudah dilakukan pengguna, jumlah aktivitas harian pengguna, jumlah kalori yang sudah terbakar, dan durasi waktu berolahraga.

Baca juga: Lahir di Era Digital, Ini Perbedaan Kebiasaan Gen Z dan Milenial Saat Terkoneksi Secara Digital

Tak hanya itu, smartband terkini biasanya sudah dilengkapi dengan fitur mumpuni untuk menunjang kesehatan penggunanya. Salah satu smartband tersebut adalah Oppo Band.

Smartband terkini Oppo tersebut mampu mengecek kadar oksigen dalam darah (SPO2) dan mampu memonitor detak jantung penggunanya.

Oppo Band. (DOK. Oppo Indonesia). Oppo Band.
Kedua fitur itu amat berguna karena penggunanya bisa langsung mengetahui kondisi tubuh saat berolahraga.

Misalnya, ketika saturasi oksigen dalam darah yang tercatat dalam smartband kurang dari batas normal, yakni di bawah 95 persen, pengguna bisa langsung memeriksakan diri ke dokter. Dengan begitu, penggunanya dapat terhindar dari risiko terkait kesehatan.

Selain itu, Oppo Band juga memiliki 12 mode olahraga yang mampu mendukung aktivitas olahraga penggunanya. Sensor akselerasi pada smartband ini mampu merekam durasi latihan, jarak, dan metrik lainnya secara real time. Dengan demikian, olahraga tidak hanya lebih menarik, tetapi juga lebih efektif.

Adapun 12 mode olahraga tersebut adalah lari luar ruang, lari dalam ruangan, lari pembakaran lemak, jalan di luar ruang, bersepeda di luar ruangan, bersepeda dalam ruangan, elips, mendayung, kriket, bulu tangkis, renang, serta yoga.

Oppo Band hadir dengan layar Amoled berukuran 1,1 inci beresolusi 126x294 piksel. Gelang pintar ini kompatibel dengan sistem Android versi 6.0 ke atas. Bila terhubung dengan smartphone, pengguna dapat mengontrol musik, melihat notifikasi, sampai menemukan HP di sekitar area yang mampu dijangkau smartband.

Gelang pintar tersebut dibekali baterai berkapasitas 100 miliampere per hour (mAh) yang mampu terisi penuh dalam 1,5 jam. Oppo mengklaim, perangkat ini dapat bertahan hingga 12 hari jika seluruh fitur berjalan secara default. Sudah begitu, smartband ini mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 50 meter.

2. TWS

Kehadiran aksesori earphone nirkabel seperti true wireless stereo (TWS) semakin diminati oleh pengguna smartphone.

Menurut Statista, data penjualan earphone TWS meningkat dua kali lipat dari 2018 hingga 2019. Pada 2018, earphone TWS telah terjual lebih dari 46 juta unit. Jumlah ini meningkat menjadi 120 juta unit pada 2019.

Baca juga: Earphone TWS Oppo Enco W11 Resmi di Indonesia, Ada Edisi Toy Story

Untuk diketahui, TWS merupakan perpaduan antara format suara stereo yang jernih dengan teknologi nirkabel.

Perangkat tersebut bekerja dengan cara menggunakan gelombang radio yang terkoneksi dengan bluetooth. Selanjutnya, suara yang dihasilkan speaker utama akan dihubungkan pada speaker TWS untuk menghasilkan kualitas suara stereo yang jernih.

Pengguna bisa menyambungkan perangkat TWS dengan berbagai perangkat, mulai dari smartphone, laptop, sampai komputer

Sejatinya, terdapat berbagai macam keunggulan TWS dibandingkan headset dan earphone biasa. Di antaranya adalah desain ringkas, koneksi lancar dan baterai tahan lama, memiliki kotak penyimpanan unik, serta harga yang ekonomis.

Salah satu perangkat TWS yang layak dipertimbangkan adalah Oppo Enco Buds dan Oppo Enco Air.

Baca juga: Oppo Enco Air Masuk Indonesia, Pesaing Airpods Harga Rp 1 Juta

Kedua perangkat itu dilengkapi driver HD yang menjanjikan suara bass yang lebih dinamis untuk menghadirkan pengalaman audio jernih dan berkualitas. Keduanya cocok untuk menjadi partner hiburan nonstop dan gaming yang dapat diandalkan.

Enco Buds (DOK. Oppo Indonesia). Enco Buds

Adapun Enco Buds merupakan perangkat earphone wireless dengan harga yang relatif terjangkau. TWS Oppo ini memiliki desain minimalis yang pas ditelinga. Perangkat ini tetap nyaman meskipun dipakai dalam jangka waktu lama.

Cara pakainya pun mudah. Saat perangkat dibuka, Enco Buds langsung menyala dengan sendirinya. Selanjutnya, pengguna tinggal melakukan pairing atau menyambungkan TWS ke smartphone dengan bluetooth.

Enco Buds dibekali teknologi Bluetooth 5.2 yang mampu menjaga koneksi lebih stabil. Perangkat ini juga dilengkapi sistem Binaural Bluetooth. Fitur ini mampu menghadirkan transmisi bluetooth secara bersamaan antara earbud kiri dan kanan.

Enco Buds juga memiliki mode gaming yang bisa diandalkan pengguna saat bermain game. Untuk mengaktifkannya, pengguna cukup mengetuk Enco Buds sebanyak tiga kali.

Mode tersebut membuat latensi earphone menjadi rendah, yakni 80 milliseconds (ms) sehingga ideal untuk dipakai bermain game dan menonton film.

Untuk daya tahan perangkat, kamu bisa menggunakan Enco Buds hingga 6 jam tanpa henti. Kamu hanya butuh pengisian 15 menit untuk bisa mendengarkan musik di Enco Buds selama satu jam.

Sementara, Enco Air memiliki fitur dan spesifikasi yang lebih mumpuni dibandingkan Enco Buds. Perangkat ini memiliki tampilan casing membulat pipih yang ramping sehingga mudah untuk masuk ke kantung.

Baca juga: Oppo Enco Air Masuk Indonesia, Pesaing Airpods Harga Rp 1 Juta

Enco Air mengusung bentuk bertangkai dengan desain ringkas dan ringan sehingga dapat terpasang nyaman di telinga.

Masing-masing earbud pada Enco Air dilengkapi driver berukuran besar, yakni titanium composite dynamic driver 12 mm. Driver ini mampu menampilkan suara superjernih mungkin sehingga output suara yang dihasilkan lebih seimbang.

Tak hanya itu, perangkat ini juga dibekali fitur AI-Powered Noise Cancellation untuk panggilan suara. Terdapat dua mikrofon yang dapat menangkap suara bicara kamu secara lebih jelas. Bahkan, saat berada di lingkungan agak ramai.

Enco Air didukung teknologi Bluetooth 5.2 terbaru yang mampu menstabilkan sinyal di lingkungan yang memiliki banyak jaringan. Pengguna juga bisa menggunakan Game Mode untuk merendahkan latensi hingga 80 ms. Mode ini cocok digunakan untuk bermain game ataupun menonton film.

Untuk daya tahan, kamu bisa mendengarkan musik dengan Enco Air selama 4 jam nonstop. Sementara, baterai dari casing mampu menampung baterai 440 mAh untuk total waktu penggunaan mencapai 24 jam. Selain itu, pengisian baterai selama 10 menit bisa digunakan untuk pemakaian selama 8 jam.

3. Smartphone

Perangkat yang satu ini sudah jadi barang wajib siapa pun.

Pasalnya, masyarakat modern saat ini menggantungkan banyak aktivitas pada smartphone, mulai dari mengatur jadwal kerja, melakukan video call meeting, bermain game, menonton film, membuka media sosial, hingga aktivitas multimedia lainnya.

Untuk bisa melakukan aktivitas multitasking tersebut dalam waktu bersamaan, dibutuhkan perangkat dengan spesifikasi dan fitur mumpuni. Hal yang sama juga berlaku bila kamu memiliki hobi bermain game melalui smartphone.

Setidaknya, kamu perlu perangkat berkapasitas RAM minimal 8 GB untuk bisa melibas berbagai game berat tanpa hambatan.

Saat ini, ada banyak pilihan smartphone dengan spesifikasi tersebut. Salah satunya adalah Oppo Reno6 Series yang terdiri dari Oppo Reno6, Oppo Reno6 5G, dan Oppo Reno6 Pro 5G. Masing-masing smartphone tersebut memiliki spesifikasi yang berbeda.

Baca juga: Menguji HyperBoost 4.0 di Oppo Reno6, Bikin Game Jadi Stabil?

Oppo Reno6 Pro 5G merupakan varian tertinggi dari Oppo Reno6 Series. Smartphone ini mengusung desain 3D Curved Display.

Layarnya berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90 Hertz (HZ) dan touch sampling rate 180 Hz. Dengan spesifikasi ini, pengguna dapat menggunakan Oppo Reno6 5G untuk bermain Mobile Legends dan PUBG dengan tampilan yang halus.

Oppo Reno6 Pro 5G bisa diandalkan untuk bermain mobile game. (DOK. Oppo Indonesia). Oppo Reno6 Pro 5G bisa diandalkan untuk bermain mobile game.
Untuk fotografi, Oppo Reno6 Pro 5G dibekali kamera depan 32 megapiksel (MP) dan empat kamera belakang, yakni kamera utama 50 MP, kamera ultra-wide 16 MP, kamera telephoto 13 MP, dan kamera makro 2 MP.

Hardware Oppo Reno6 Pro 5G tergolong mumpuni untuk melakukan berbagai komputasi sedang hingga berat. Prosesornya menggunakan chipset Snapdragon 870 yang dikombinasikan dengan RAM 12 GB dan memori internal 256 GB.

Baca juga: Masa Depan dalam Genggaman, Oppo Reno6 Series 5G Didukung Jaringan Kuat 5G

Oppo Reno6 Pro 5G juga dibekali baterai berkapasitas 4.500 mAh dan sudah mendukung fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Fitur ini dapat mengisi daya penuh dalam 31 menit. Dengan seluruh spesifikasi itu, smartphone ini dibanderol Rp 10.999.000.

Selanjutnya, ada Oppo Reno6 5G yang memiliki layar berukuran 6,5 inci dengan refresh rate 90 Hz dan touch sampling rate 180 Hz. Ponsel ini mampu menghasilkan gambar dengan lebih halus dan nyata.

Pada bagian kamera, Oppo Reno6 5G memiliki sebuah kamera depan 32 MP yang diletakkan di sebuah lubang punch hole. Kamera belakangnya terdiri dari tiga buah kamera, yakni kamera utama 64 MP, kamera ultra-wide 8 MP, dan kamera makro 2 MP.

Kamera tersebut sudah didukung fitur fotografi dan videografi mumpuni, seperti Color Temperature Sensor, Bokeh Flare Portrait Video, dan AI Highlight Video.

Untuk dapur pacu, Oppo Reno6 5G menggunakan chipset MediaTek Dimensity 900 (6nm) yang dikombinasikan dengan RAM 8 GB, dan ruang penyimpanan 128 GB.

Baca juga: Unggulkan Performa Tinggi, Oppo Reno6 Series 5G Bawa Spesifikasi Kelas Flagship

Baterainya yang berkapasitas 4.300 mAh sudah didukung fitur fast charging 65W SuperVOOC 2.0. Fitur ini mampu mengisi daya 100 persen hanya dalam 28 menit. Smartphone ini dibanderol dengan harga Rp 7.999.000.

Sementara itu, Oppo Reno6 mengusung desain yang identik dengan Oppo seri Reno pendahulunya. Ponsel ini ditenagai chipset Qualcomm Snapdragon 720G. Chipset ini dipadukan dengan dengan RAM 8 GB dan memori internal 128 GB. Pengguna masih bisa menambah kapasitas penyimpanan dengan slot kartu microSD.

Terdapat pula fitur RAM Expansion yang membuat pengguna dapat memperluas kapasitas RAM dengan mengonversi sebagian memori internal menjadi RAM virtual. Nantinya, terdapat beberapa opsi RAM Expansion yang bisa dipilih, mulai dari 2 GB, 3 GB, hingga 5 GB.

Untuk fotografi, Oppo Reno6 dibekali kamera depan 44 MP dan empat kamera belakang. Kamera itu terdiri dari kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP, kamera makro 2 MP, dan kamera mono 2 MP.

Terdapat pula berbagai fitur fotografi dan videografi mumpuni, yakni Bokeh Flare Portrait Video, AI Highlight Video, Ultra Clear 108 MP Image, Portrait Beautification Video, serta Palet AI.

Oppo Reno6 memiliki kapasitas baterai 4.310 mAh yang juga didukung fitur 50W Flash Charge. Dengan fitur ini, Oppo Reno6 mampu mengisi daya hingga penuh hanya dengan 45 menit. Kamu bisa mendapatkan smartphone ini dengan harga Rp 5.199.000.

Perpaduan Oppo Reno6 dan Oppo Enco Air memaksimalkan pengalaman bermain mobile gaming. (DOK. Oppo Indonesia). Perpaduan Oppo Reno6 dan Oppo Enco Air memaksimalkan pengalaman bermain mobile gaming.

Sebagai informasi, setiap pembelian Oppo Reno6 Series, yakni Reno6, Reno6 5G, dan Reno6 Pro 5G, kamu bisa menikmati promo spesial Reno Smart Deals. Promo ini berlangsung sejak Jumat (17/9/2021) hingga Minggu (3/10/2021).

Kamu juga bisa mendapatkan cashback hingga Rp 300.000 untuk pembelian produk internet of things (IoT) Oppo. Adapun produk IoT Oppo adalah Oppo Band dan Oppo Earphones.

Itulah, tiga kombinasi perangkat yang bisa mendukung gaya hidup dan aktivitas multitasking kamu. Masing-masing perangkat sudah disediakan lengkap oleh Oppo. Kini, kamu tinggal memilihnya sesuai kebutuhan.

Untuk informasi lebih lengkap seputar Reno Smart Deals, silakan kunjungi laman resmi Oppo dan media sosial Oppo Indonesia.


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.