BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Biar Makin Gereget, Ini 5 Perangkat Penting yang Perlu Dimiliki Mobile Gamers

Kompas.com - 20/09/2021, 17:04 WIB
Ilustrasi bermain mobile game. Dok. Oppo IndonesiaIlustrasi bermain mobile game.
|

KOMPAS.com – Pamor mobile game semakin meningkat seiring perkembangan teknologi digital dan perangkat smartphone. Peminatnya pun berasal dari berbagai kalangan. Bahkan, aktivitas tersebut kini tak lagi sekadar sebagai sarana hiburan, tapi juga ladang mencari cuan.

Menurut Presiden Indonesia E-sports Premier League (IEPL) Giring Ganesha Djumaryo dalam berita Kompas.com, Selasa (28/1/2020), pemain esport profesional mampu menghasilkan pendapatan melampaui Rp 20 juta per bulan. Sementara, pemain dengan jam terbang tinggi yang sudah malang melintang di berbagai turnamen bisa mendulang uang Rp 70-100 juta per bulan.

Selain sebagai atlet profesional, mobile gamer juga bisa mendapatkan cuan sebagai game streamer. Pundi-pundi rupiah yang dihasilkan pun tak bisa dibilang sedikit.

Meski demikian, kamu harus menjadi mobile gamer andal agar bisa mendapatkan penghasilan. Terdapat sederet proses yang mesti kamu lakukan, mulai dari rajin berlatih hingga melengkapi perangkat penunjang yang dapat membuat permainanmu makin gereget.

Kalau skill dan ranking permainan sudah meningkat, kamu bisa mulai menjajal turnamen-turnamen mobile game bergengsi atau menyiarkan permainan game di platform streaming video.

Baca juga: Lahir di Era Digital, Ini Perbedaan Kebiasaan Gen Z dan Milenial Saat Terkoneksi Secara Digital

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, perangkat penunjang apa saja yang dibutuhkan dalam bermain mobile game? Berikut ulasannya.

1. Gamepad

Mobile game bergenre shooter, platformer, adventure, dan fighting, sangat mengandalkan ketangkasan ibu jari dalam memainkannya. Namun, ada kalanya saat sedang asyik bermain, jari pemain malah mengalami masalah. Contohnya, berkeringat. Kalau sudah begitu, permainan pun jadi sulit dikontrol dan berujung pada kekalahan.

Sebagai solusi, pencinta mobile gaming dapat membeli gamepad demi menunjang kenyamanan bermain. Mobile gamer dapat merasakan sensasi berbeda saat menggunakan perangkat controller tersebut untuk bermain.

Bukan itu saja, gamepad juga membuat pemain tak lagi repot memasukkan perintah melalui layar. Tombol-tombol yang terdapat pada gamepad sudah mengakomodasi kebutuhan tersebut. Dengan begitu, pemain bisa mengalahkan lawan lebih mudah.

Gamepad umumnya punya tombol tindakan di bagian kanan dan pengontrol arah di bagian kiri. Namun, seiring perkembangan zaman, gamepad juga dilengkapi dengan tuas analog.

Desain dan spesifikasinya pun semakin beragam. Dari segi konektivitas, ada gamepad yang menggunakan Bluetooth dan kabel universal serial bus (USB).

Karena itu, sebelum membeli, sebaiknya cari informasi secara detail terlebih dahulu. Tak hanya soal harga, tapi juga kompatibilitas dengan perangkat dan game yang dimainkan.

Baca juga: Sudah Jadi Barang Wajib, Berikut Ragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan lewat Smartphone

2. Joystick

Perangkat controller lain untuk menunjang bermain game adalah joystick. Alat ini cocok digunakan pada permainan bergenre role-playing game (RPG) atau multiplayer online battle arena (MOBA).

Seperti gamepad, joystick juga hadir di pasaran dalam berbagai bentuk. Bagi yang ingin simpel, coba saja joystick model hand grip. Penggunaan alat ini cukup dipasangkan pada bagian sisi smartphone.

Selain itu, bisa juga menggunakan joystick mini berjenis fling. Alat ini umumnya terbuat dari aluminium anodized. Material ini memungkinkan pemain untuk mengontrol permainan dengan lebih presisi. Bentuknya yang kecil pun tidak akan menghalangi layar.

Baca juga: Bebas Lag dan Lemot, Berikut Fitur Gaming yang Wajib Ada di Smartphone

3. True wireless stereo (TWS) gaming

Pada game bergenre battle royal yang dimainkan secara tim, perangkat audio macam earphone true wireless stereo (TWS) diperlukan agar pemain bisa berkomunikasi dengan kawan setim.

Bukan itu saja, permainan pun akan semakin menyenangkan dengan dukungan aksesori tersebut. Pasalnya, pemain bisa mendengar efek-efek suara dari game yang dimainkan, seperti pukulan, tembakan, dentuman bom, atau tebasan senjata tajam.

Biasanya, earphone TWS kurang dipilih para gamer lantaran perkara delay. Namun, permasalahan tersebut tidak akan ditemukan pada produk TWS keluaran Oppo, yakni Oppo Enco Buds dan Oppo Enco Air.

Bermain game akan semakin menyenangkan jika didukung dengan perangkat audio mumpuni. Dok. Oppo Indonesia Bermain game akan semakin menyenangkan jika didukung dengan perangkat audio mumpuni.

Kedua earphone tersebut punya daya latensi yang terbilang rendah, yaitu 80 ms. Bahkan, performa Oppo Enco Air juga sudah diakui oleh lembaga sertifikasi dunia TÜV Rheinland.

Bukan itu saja, kedua earphone tersebut juga sudah dilengkapi Gamer Mode. Fitur ini membuat sinkronisasi antara visual dan audio menjadi lebih dekat.

Dengan keunggulan tersebut, pengalaman bermain Player Unknown's Battlegrounds (PUBG) atau Call of Duty: Mobile (CODM) bisa semakin mengasyikkan. Komunikasi antarteman satu tim pun lancar tanpa kendala.

Dari segi audio, Oppo Enco Buds dan Oppo Enco Air mampu menghasilkan suara yang jernih. Oppo Enco Buds sendiri sudah menggunakan algoritma cerdas berbasis deep neural networks (DNN). Teknologi ini mampu menghilangkan kebisingan suara latar dengan kemampuan redam hingga 5 desibel (dB).

Selain jernih, suara yang dihasilkan juga powerful dan dominan bass. Ini dikarenakan keduanya menggunakan driver 12 mm. Meski begitu, Oppo Enco Buds dan Oppo Enco Air tetap terasa nyaman di frekuensi lainnya.

Kelebihan lain dari duo TWS Oppo itu adalah daya tahan baterai yang lama, serta dilengkapi lapisan antiair dan antikeringat dengan sertifikasi IPX4.

Baca juga: Mau Bisnismu Jadi Makin Hits? Buat Video Marketing dengan 4 Trik Jitu Berikut

4. Cooler pad

Durasi bermain yang lama otomatis dapat membuat smartphone menjadi panas alias overheating. Performa ponsel pun ikut menurun. Contohnya, lagging alias tersendat.

Bila sudah seperti itu, biasanya gamer menghentikan permainannya sejenak untuk menormalkan kembali suhu ponsel. Namun, cara ini kerap memberatkan karena keseruan bermain mobile games terasa sayang untuk disudahi.

Sebagai solusi, cobalah menggunakan cooler pad alias pendingin. Perangkat ini membantu menjaga kestabilan suhu ponsel saat bermain game. Kamu pun tetap bisa melanjutkan permainan tanpa perlu khawatir ponsel overheating.

Baca juga: Mobile Game Indonesia Menjanjikan, Ini 5 Tips Memulai Karier sebagai Atlet E-Sport

5. Smartphone gaming

Mobile game umumnya memiliki file berukuran besar. Bahkan, ada yang melampaui dari 1 gigabyte (GB). Belum lagi, grafis yang digunakan juga terbilang berat. Sementara itu, tidak semua smartphone dapat dipakai untuk bermain game secara lancar.

Hanya smartphone dengan chipset terbaik, random access memory (RAM) berkapasitas besar, ruang penyimpanan luas, baterai tahan lama, serta layar beresolusi tinggi yang dapat mengakomodasi kebutuhan mobile gaming. Seluruh spesifikasi ini telah dimiliki Oppo Reno6.

Bermain game seluler dengan Oppo Reno6.Dok. Oppo Indonesia Bermain game seluler dengan Oppo Reno6.

Dari segi dapur pacu, smartphone tersebut dibekali chipset Snapdragon 720G yang dipadukan dengan RAM 8 GB. Bila kurang, RAM bisa diperluas lagi dengan RAM Expansion hingga 5 GB. Kapasitas penyimpanan Oppo Reno6 pun mencapai 128 GB. Dengan bekal spesifikasi ini, aktivitas gaming bisa berjalan mulus tanpa kendala berarti.

Oppo Reno6 juga mampu menampilkan grafis game secara mulus berkat layar dengan kecepatan refresh 90 Hertz (Hz). Memainkan PUBG dan CODM pun terasa semakin nyaman.

Selain itu, terdapat pula fitur Hyper Boost 4.0 yang secara cerdas mempertahankan kinerja ponsel dan frame rate layar. Dengan begitu, game yang dimainkan dapat berjalan lancar dan mulus.

Kenyamanan bermain game dengan Oppo Reno6 semakin bertambah berkat kehadiran Game Focus Mode. Fitur ini dapat meminimalisasi notifikasi dari luar sehingga pemain bisa fokus dalam meraih kemenangan.

Baca juga: Ingin Buat Video Sinematik Melalui Smartphone? Perhatikan Hal Berikut agar Hasilnya Maksimal

Dari segi daya, Oppo Reno6 dibekali baterai berkapasitas 4.310 mAh dengan dukungan fitur pengisian cepat 50W Flash Charge. Pengisian baterai dari posisi nol hingga 100 persen hanya memakan waktu 45 menit.

Sebagai informasi, Oppo Reno6 telah tersedia di seluruh jaringan Oppo Store di Indonesia. Smartphone yang dibanderol sehargap Rp 5.199.000 ini juga bisa dibeli secara online melalui tautan ini atau platform e-commerce.

Selain itu, setiap pembelian Oppo Reno6 Series (Reno6, Reno6 5G, dan Reno6 Pro 5G), kamu bisa menikmati promo spesial Reno Smart Deals yang berlangsung sejak 17 September hingga 3 Oktober 2021.

Lewat promo spesial itu, kamu berkesempatan mendapatkan cashback hingga Rp 300.000 untuk pembelian produk Internet of Things (IoT) Oppo.

Baca juga: Berkenalan dengan 27 Emosi Manusia dan Teknologi Kamera AI yang Mampu Mengabadikannya

Kombinasi Oppo Reno6 dan Oppo Enco Series menyempurnakan pengalaman mobile gaming. Dok. Oppo Indonesia Kombinasi Oppo Reno6 dan Oppo Enco Series menyempurnakan pengalaman mobile gaming.

Nah, itulah lima perangkat penunjang yang dibutuhkan untuk menambah kenyamanan bermain mobile game sekaligus meningkatkan skill permainan. Sempurnakan pengalaman mobile gaming kamu dengan kombinasi Oppo Reno6 dan Oppo Enco Series.

Untuk informasi lebih lengkap seputar Oppo Reno6, silakan kunjungi laman resmi Oppo dan media sosial Oppo Indonesia.

 


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.