Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Internet Indihome Dikeluhkan Alami Gangguan Lagi Siang Ini

Kompas.com - 25/09/2021, 13:48 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pelanggan Indihome kembali mengeluhkan adanya gangguan layanan internet pada Sabtu (25/9/2021) siang.

Misalnya seperti yang dialami Wahyudi, salah seorang pelanggan Indihome yang tinggal di Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Dia mengatakan jaringan Indihome di tempat tinggalnya mulai bermasalah sekitar pukul 12.20 WIB.

Menurut Wayhudi, selain sambungan internet, saluran TV kabel yang sepaket dengan Indihome turut terganggu.  "Lampu di routernya juga mati, biasanya merah kalau LOS," katanya, mengacu pada lampu indikator di unit modem/ router Indihome.

Baca juga: Pelanggan Indihome Protes, Tak Puas Ganti Rugi dari Telkom

Dari pantauan KompasTekno, di Twitter banyak beredar keluhan serupa. Gejala yang diutarakan mirip dengan yang disampaikan oleh Wahyudi.

"Min tolong Internet saya mati tiba-tiba, tapi status lampu Internet nyala hijau kedip-kedip dan lampu LOS mati," ujar seorang pelanggan Indihome dengan handle @MoenaMas, disertai mention akun layanan konsumen @IndiHomeCare.


Dia mengaku coba menghubungi customer service Indihome di nomor 147, tapi tidak berhasil. Padahal, menurut pengakuannya, lampu indikator line telepon (Phone1) menyala hijau sehingga seharusnya tidak bermasalah.

Pelanggan Indihome lain yang berdomisili di Kalimantan Selatan mengatakan layanan internetnya sudah bermasalah sejak pukul 13.00 WITA, atau pukul 12.00 WIB.


DownDetector memperlihatkan keluhan gangguan internet Indihome mulai banyak terjadi mulai pukul 11.30 WIB pada Sabtu, 25 September 2021KOMPAS.com/ OIK YUSUF DownDetector memperlihatkan keluhan gangguan internet Indihome mulai banyak terjadi mulai pukul 11.30 WIB pada Sabtu, 25 September 2021
Dari pantauan KompasTekno di situs DownDetector, layanan internet Telkom memang mulai banyak dilaporkan bermasalah menjelang siang ini, sekitar pukul 11.30 WIB. Hingga pukul 12.42 WIB, terpantau ada 26 laporan yang masuk soal gangguan internet Indihome.

Baca juga: Soal Ganti Rugi, Ini Ketentuannya di Kontrak Langganan Telkom Indihome

Meski demikian, agaknya gangguan tidak terjadi secara merata. Sebab, bebrapa kenalan KompasTekno yang juga merupakan pelanggan Indihome di Jakarta mengaku tak mengalami gangguan, alias internetnya berjalan normal.

Sekitar pukul 13.30 WIB, beberapa pengguna Indihome, termasuk Wahyudi di Kebon Jeruk, melaporkan sambungan internetnya berangsur kembali normal.

KompasTekno sudah mencoba menghubungi pihak Telkom untuk memastikan gangguan internet yang dialami oleh sejumlah pelanggan Indihome pada Sabtu siang ini, tapi masih belum memperoleh respons.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com