Soal Ganti Rugi, Ini Ketentuannya di Kontrak Langganan Telkom Indihome

Kompas.com - 25/09/2021, 11:01 WIB
Ilustrasi Indihome: Cara daftar Indihome, cara bayar Indihome dan call center Indihome Doc. Telkom IndonesiaIlustrasi Indihome: Cara daftar Indihome, cara bayar Indihome dan call center Indihome

KOMPAS.com - Akibat gangguan layanan internet Indihome yang bermula pada Minggu (19/9/2021), pihak Telkom menawarkan kompensasi berupa pengunduran batas waktu pembayaran langganan dan pengapusan denda.

Telkom juga menjanjikan akan memberi ganti rugi sesuai kontrak langganan, tapi skema dan perhitungan kompensasi ini tidak dirinci. Tak terlalu disambut baik, kompensasi Telkom ini justru mengundang protes dari sejumlah pelanggan yang menilainya tidak sepadan.

Baca juga: Pelanggan Indihome Protes, Tak Puas Ganti Rugi dari Telkom

Lantas, sebenarnya bagaimana ketentuan soal ganti rugi yang mesti diberikan Telkom selaku penyedia layanan internet broadband IndiHome bila terjadi gangguan internet seperti ini?

Ketentuan ganti rugi Indihome

Vice President Marketing Management Telkom E. Kurniawan mengatakan, pada prinsipnya Telkom Indonesia akan memberi kompensasi sebagaimana tertuang dalam kontrak saat awal berlangganan sesuai dengan segmen pelanggan Indihome.

Ilustrasi Kontrak Berlangganan IndiHome.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Ilustrasi Kontrak Berlangganan IndiHome.
KompasTekno mencoba menelusuri lebih jauh soal skema pemberian ganti rugi dari Telkom untuk pelanggan Indihome, dari laman resmi IndiHome pada bagian Syarat dan Ketentuan sub-bagian "Kontrak Berlangganan", di tautan berikut.

Dalam Kontrak Berlangganan IndiHome tersebut tidak ada klausa yang menyebutkan atau menjabarkan soal skema pemberian ganti rugi kepada pelanggan Indihome bila terjadi gangguan internet.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Singtel Beri Diskon Harga untuk Ganti Rugi Gangguan Internet, Telkom Indihome Bagaimana?

Namun, di Kontrak Berlangganan sub-bagian "Hak Pelanggan", pada poin keenam tertulis bahwa pelanggan berhak "mendapatkan kompensasi sesuai ketentuan teknis Telkom yang berlaku jika jaminan tingkat layanan (Service Level Guarantee) layanan Indihome tidak terpenuhi atau terbukti ada kesalahan pada tagihan".

Sayangnya, dari pengamatan KompasTekno, Sabtu (25/9/2021), tidak dijelaskan lebih detail soal seperti apa Service Level Guarantee yang dimaksud serta dalam bentuk apa saja kompensasi akan diberikan.

Batasan tanggung jawab Telkom

KompasTekno juga menemukan adanya sub-bagian pembatasan tanggung jawab Telkom dalam Kontrak Berlangganan IndiHome.

Dalam subbagian ini tertulis, ada lima penyebab yang dapat membebaskan Telkom dari tanggung jawab atas pembayaran kompensasi atau kerugian yang ditanggung oleh pelanggan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.