Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Rayakan Ulang Tahun Ke-23 dengan Doodle Berbentuk Kue

Kompas.com - 27/09/2021, 06:53 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk merayakan hari jadinya yang ke-23, Senin (27//2021), Google Doodle menampilkan sebuah kue tart sebagai pemanis halaman pencarian Google. Di atas kue tersebut, tertulis "Google" dengan warna pastel berhias cokelat dan meses warna-warni.

Tanggal ulang tahun Google sebenarnya sempat beberapa kali berubah.

Menurut laman Wikipedia, Google resmi didirikan sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Namun, pada ulang tahunnya yang kelima atau tahun 2003, Google merayakan hari jadinya di tanggal yang berbeda, yakni 8 September.

Baca juga: Tanggal Ulang Tahun Google Beberapa Kali Berubah, Mana yang Benar?

Setahun kemudian, ulang tahun keenam Google dirayakan kembali di tanggal berbeda, yakni pada 7 September. Kemudian, pada 2005, hari ulang tahun Google kembali dirayakan di tanggal lain dari sebelumnya, 26 September.

Pada 2006, tanggal ulang tahun Google ditetapkan menjadi 27 September. Tanggal tersebut dipilih oleh Google sebagai hari jadinya agar perusahaan bisa mengumumkan pencapaian jumlah halaman yang berhasil diindeks oleh mesin pencarinya saat itu.

Baca juga: Karir Sundar Pichai hingga Jadi CEO Google

Di laman Doodle miliknya, Google menampilkan aneka gambar Doodle yang pernah dipakai untuk memperingati beberapa ulang tahun sebelumnya.

Dijelaskan juga sejarah singkat pendirian Google yang bermula dari pertemuan antara dua pendirinya, Sergey Brin dan Larry Page.

Nama "Google" sendiri lahir secara tidak sengaja. Mulanya, Page dan Brin ingin memberi nama "Googol", istilah matematika untuk angka "1" yang diikuti oleh 100 angka nol. Nama ini diambil untuk menjelaskan misi Google sebagai gudang informasi tak terbatas di internet.

Baca juga: Sejarah Google, Raksasa Mesin Pencari yang Hampir Dijual Murah

Akan tetapi, para investor rupanya salah mengeja nama Googol menjadi Google, dan telanjur menuliskannya dalam cek dan berbagai dokumen.

Hal itu membuat Page dan Brin akhirnya "terpaksa" menggunakan nama Google untuk teknologi mesin pencari mereka hingga sekarang.

Di laman Google Doodle, hingga hari ini ada miliaran pencarian di mesin pencarian Google dengan lebih dari 150 bahasa yang dilakukan pengguna di seluruh dunia.

Dulu, server pertama Google berloaksi do lemari yang terbuat dari balok mainan. Namun, kini dengan miliaran pengguna, Google memiliki lebih dari 20 pusat data di seluruh dunia.

Selamat ulang tahun Google....

Baca juga: 19 Kata yang Hanya Dimengerti oleh Karyawan Google

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com