10 Aplikasi Mobile Berpenghasilan Terbesar, TikTok Teratas

Kompas.com - 04/10/2021, 19:02 WIB
Ilustrasi lomba lari Ingram PublishingIlustrasi lomba lari
Penulis Oik Yusuf
|

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Sensor Tower merilis laporan terbaru tentang pendapatan aplikasi mobile secara global pada kuartal-III 2021.

Di dalamnya disebutkan bahwa TikTok merupakan aplikasi mobile yang meraup penghasilan terbesar selama periode waktu tersebut, mengulangi pencapaian serupa di kuartal sebelumnya.

"Belanja konsumen di aplikasi ini (TikTok), termasuk Duoyin (aplikasi TikTok versi China) di iOS di China, mengalami pertumbuhan 41 persen secara Year-over-year," tulis Sensor Tower di laporannya.

Baca juga: Malware Penyedot Pulsa Bersembunyi di Lebih dari 200 Aplikasi Android

Sensor Tower tidak menyebutkan berapa jumlah pendapatan aplikasi media sosial berbasis video pendek ini untuk kuartal-III 2021.

Namun, berdasarkan laporan sebelumnya, SensorTower mengatakan bahwa TikTok mencatat belanja konsumen sebesar 534,6 juta dollar AS (Rp 7,6 triliun) di kuartal-II 2021 dan 384,7 juta dollar AS (Rp 5,4 triliun) di kuartal-I 2021.

Daftar 10 aplikasi mobile berpenghasilan terbesar pada kuartal-III 2021 menurut Sensor Tower, berdasarkan pendapatan dari Google Play Store, Apple App Store, dan secara keseluruhan.Sensor Tower Daftar 10 aplikasi mobile berpenghasilan terbesar pada kuartal-III 2021 menurut Sensor Tower, berdasarkan pendapatan dari Google Play Store, Apple App Store, dan secara keseluruhan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut Sensor Tower, TikTok yang telah menembus angka unduhan sebesar 3 miliar ini menjadi aplikasi mobile berpenghasilan terbesar di toko Apple App Store, dan secara keseluruhan.

Baca juga: Cara Daftar TikTok Shop untuk Jualan Online

Media sosial berbasis video lainnya, YouTube, baru menyusul di urutan ketiga setelah Piccoma, aplikasi langganan komik Jepang (manga) dari Kakao Japan.

Secara overall, urutan aplikasi yang mencatat pendapatan tertinggi pada kuartal-III 2020 menurut Sensor Tower adalah sebagai berikut.

1. TikTok
2. Piccoma
3. YouTube
4. Google One
5. Disney Plus
6. Tinder
7. Tencent Video
8. iQIYI
9. Line Manga
10. HBO Max

Menurut Sensor Tower, berdasarkan data awal yang dikumpulkan, pasaran aplikasi mobile terus mengalami pertumbuhan di kuartal-III 2021, meskipun cenderung melambat jika dibandingkan dengan masa-masa awal pandemi.

Belanja konsumen di aplikasi mobile mencatat peningkatan 15,1 persen pada kuartal-III 2021, menurut laporan Sensor Tower. Pertumbuhan yang dicatat Google Play Store lebih tinggi dibanding Apple App Store, tapi angka consumer spending yang dikumpulkan App Store secara keseluruhan lebih besar.  Sensor Tower Belanja konsumen di aplikasi mobile mencatat peningkatan 15,1 persen pada kuartal-III 2021, menurut laporan Sensor Tower. Pertumbuhan yang dicatat Google Play Store lebih tinggi dibanding Apple App Store, tapi angka consumer spending yang dikumpulkan App Store secara keseluruhan lebih besar.

Baca juga: Sebulan, 1 Miliar Orang Nonton dan Bikin Video di TikTok

Belanja konsumen pada kuartal-III 2021 disebutkan naik 15,1 persen dari angka 29,2 miliar dollar AS (Rp 416 triliun) yang tercatat setahun sebelumnya pada kuartal-III 2020.

"Angka pertumbuhan itu sekitar setengah dari pertumbuhan year-over year sebesar 32 persen yang terekam pada tahun lalu," tulis Sensor Tower, sebagaimana dihimpun KompasTekno, Senin (4/10/2021). 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.