IGTV dan Video Feed Digabung Jadi "Instagram TV"

Kompas.com - 06/10/2021, 10:17 WIB

KOMPAS.com - Sejauh ini, Instagram memiliki sejumlah format video di platformnya, seperti video di feed, IGTV, dan Reels. Ketiganya merupakan format video yang terpisah dan ditampilkan dalam tab yang berbeda pula.

Namun kini, Instagram tampak ingin membuat format video menjadi lebih ringkas. Pasalnya, Instagram memutuskan untuk menggabungkan video IGTV dan video di feed dalam satu tab khusus.

Penamaan IGTV dan video di feed pun diubah menjadi "Instagram Video". Pengumuman ini disampaikan langsung melalui sebuah unggahan di laman resmi Facebook Newsroom.

"Mulai hari ini, kami menggabungkan IGTV dan video feed ke dalam satu format, yaitu Instagram Video," tulis Instagram.

Instagram mengungkapkan, penggabungan video feed dan IGTV ini bertujuan untuk memudahkan pengguna ketika membuat dan menemukan video di Instagram.

Baca juga: Pengguna Instagram dan FB Messenger Kini Bisa Chatting Bareng

Sebab, Instagram percaya, format video kini sudah menjadi format utama yang digunakan pengguna untuk berbagi kisah, menghibur, dan terhubung dengan audiens mereka.

Setelah digabung, pengguna masih bisa mengunggah video dengan cara yang sama seperti biasanya.

"Anda masih dapat mengunggah video dengan cara yang sama, yakni dengan cara mengklik ikon '+' di atas halaman beranda Instagram dan memilih format 'Post'," tulis Instagram, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Facebook Newsroom, Rabu (6/10/2021).

Instagram tidak menjelaskan secara detail berapa durasi untuk format baru Instagram Video ini.

Namun, bila dilihat dari durasi format video feed dan IGTV sebelumnya, agaknya durasi Instagram Video nantinya akan sama dengan durasi IGTV yang notabene lebih panjang.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.