Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Resmi, Pengguna Instagram Bisa "Posting" Foto serta Video dari PC dan Mac

Kompas.com - 20/10/2021, 11:10 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

Sumber 9to5mac

KOMPAS.com - Instagram akhirnya memiliki fitur yang memungkinkan pengguna  mengunggah konten foto dan video (durasi maksimal 60 detik) melalui web browser di komputer Mac dan PC.

Sebelumnya, melalui web browser, pengguna Instagram hanya bisa melihat konten dan mengirim DM. Jika ingin mengunggah foto atau video di Instagram, mereka harus menggunakan aplikasi smartphone.

Adapun jenis konten yang bisa diunggah pengguna adalah konten Instagram Feed, bukan Instagram Stories.

Baca juga: Instagram Bakal Bilang-bilang Dulu kalau Down

Menurut Instagram, posting konten melalui Instagram web merupakan fitur yang paling dinanti komunitas Instagram, terutama para kreator konten.

Sebelumnya, fitur upload konten via dekstop telah diuji coba pada pertengahan tahun ini, namun terbatas hanya untuk segelintir pengguna.

Nah, mulai besok, 21 Oktober 2021, Instagram bakal resmi menyalurkan fitur posting lewat PC dan Mac secara global sehingga bisa dimanfaatkan oleh seluruh pengguna, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari 9to5Mac, Rabu (20/10/2021).

 

Fitur Collabs untuk kolaborasi kreator Instagram

Fitur Collabs di Instagram Feed dan Reels.TechCrunch Fitur Collabs di Instagram Feed dan Reels.

Selain kemampuan untuk mengunggah posting Instagram Feed melalui web browser, Instagram juga meluncurkan fitur lainnya yang bakal memudahkan para kreator konten berkolaborasi dengan kreator konten lainnya.

Fitur yang bernama Collabs tersebut memungkinkan para pengguna di Instagram menandai akun Instagram lainnya yang tampil dalam sebuah konten Instagram Feed atau Reels.

Nantinya, nama akun Instagram yang ditandai, begitu juga nama pengguna yang mengunggah konten tersebut, akan tampil tepat di bagian atas posting Instagram Feed, serta di bagian atas caption pada posting Instagram Reels.

Hal ini berbeda dengan fitur tagging yang bakal menampilkan nama akun pengguna yang ditandai di atas tampilan foto, video, atau di dalam caption pada sebuah posting Instagram Feed atau Reels.

Baca juga: Instagram Reels Bisa Video 60 Detik, Makin Mirip TikTok

Menariknya, posting tersebut bakal muncul pada laman Feed atau Reels di profil Instagram seluruh orang yang berkolaborasi atau ditandai. Artinya, jumlah like dan komentar akan seragam dan sama persis, meski akun Instagram mereka berbeda.

DI samping itu, Instagram juga turut meluncurkan fitur Fundraiser Prompts untuk menggalang dana melalui posting Feed, serta Superbeat dan Dynamic Lyrics yang bisa digunakan untuk efek dan musik yang sesuai secara otomatis pada posting Reels.

Fitur Collabs dan Fundraiser Prompt sudah meluncur secara global pada 19 Oktober 2021. Sementara itu, fitur Superbeat dan Dynamic Lyrics pada Reels akan menyusul tersedia pada 21 Oktober 2021.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber 9to5mac
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com