Kompas.com - 20/10/2021, 08:57 WIB
Google Pixel 6 dan Pixel 6 Pro. Instagram/ GoogleGoogle Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah mengungkap desainnya pada Agustus lalu, Google pekan ini meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, dalam sebuah acara virtual yang digelar pada Rabu (20/10/2021) dini hari WIB.

Salah satu yang paling menarik dari suksesor Pixel 5 ini adalah komponen internalnya. Bukannya chip Snapdragon dari Qualcomm seperti sebelumnya, kedua ponsel Pixel terbaru itu diotaki oleh SoC besutan Google sendiri, Google Tensor.

Chip tersebut memiliki delapan inti prosesor (CPU) berkecepatan hingga 2,8 GHz, dipadu dengan pengolah grafis (GPU) ARM Mali-G78.

Baca juga: Mengenal Tensor, Chip Buatan Google yang Debut di Pixel 6

Dengan Tensor ini, Google mengeklaim performa CPU Pixel 6 dan Pixel 6 Pro 80 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya, serta 370 persen lebih kencang pada aspek GPU.

SVP Devices dan Services Google, Rick Osterloh, mengatakan bahwa Tensor adalah inovasi piranti keras terbesar dalam sejarah perusahaannya.

"Ini juga merupakan wujud hasil kerja keras kami selama bertahun-tahun dalam AI, serta pengalaman kami dalam sektor semikonduktor," ujar Osterloh dalam acara peluncuran.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Desain Pixel 6 dan Pixel 6 Pro juga kini tampak lebih segar. Pada bagian belakangnya, kedua ponsel tersebut hadir dengan modul kamera persegi panjang, alias "Camera Bar" berwarna hitam yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung.

Spesifikasi Google Pixel 6

Google Pixel 6The Verge Google Pixel 6

Pixel 6 memiliki layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Di bagian tengah atasnya, terdapat kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang dimuat dalam modul punch hole.

Di bagian belakangnya, terdapat pula dua buah kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, OIS) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.