Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Google Luncurkan Smartphone Pixel 6 dan Pixel 6 Pro

Kompas.com - 20/10/2021, 08:57 WIB
Bill Clinten,
Oik Yusuf

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah mengungkap desainnya pada Agustus lalu, Google pekan ini meluncurkan duo smartphone flagship terbarunya, Pixel 6 dan Pixel 6 Pro, dalam sebuah acara virtual yang digelar pada Rabu (20/10/2021) dini hari WIB.

Salah satu yang paling menarik dari suksesor Pixel 5 ini adalah komponen internalnya. Bukannya chip Snapdragon dari Qualcomm seperti sebelumnya, kedua ponsel Pixel terbaru itu diotaki oleh SoC besutan Google sendiri, Google Tensor.

Chip tersebut memiliki delapan inti prosesor (CPU) berkecepatan hingga 2,8 GHz, dipadu dengan pengolah grafis (GPU) ARM Mali-G78.

Baca juga: Mengenal Tensor, Chip Buatan Google yang Debut di Pixel 6

Dengan Tensor ini, Google mengeklaim performa CPU Pixel 6 dan Pixel 6 Pro 80 persen lebih tinggi dibanding pendahulunya, serta 370 persen lebih kencang pada aspek GPU.

SVP Devices dan Services Google, Rick Osterloh, mengatakan bahwa Tensor adalah inovasi piranti keras terbesar dalam sejarah perusahaannya.

"Ini juga merupakan wujud hasil kerja keras kami selama bertahun-tahun dalam AI, serta pengalaman kami dalam sektor semikonduktor," ujar Osterloh dalam acara peluncuran.

Desain Pixel 6 dan Pixel 6 Pro juga kini tampak lebih segar. Pada bagian belakangnya, kedua ponsel tersebut hadir dengan modul kamera persegi panjang, alias "Camera Bar" berwarna hitam yang membentang secara horizontal dari ujung ke ujung.

Spesifikasi Google Pixel 6

Google Pixel 6The Verge Google Pixel 6

Pixel 6 memiliki layar AMOLED 6,4 inci dengan resolusi Full HD Plus dan refresh rate 90 Hz. Di bagian tengah atasnya, terdapat kamera selfie 8 MP (f/2.0) yang dimuat dalam modul punch hole.

Di bagian belakangnya, terdapat pula dua buah kamera yang terdiri dari kamera utama 50 MP (f/1.9, OIS) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2).

Google mengeklaim kamera utama ponsel tersebut mampu menyerap 150 persen lebih banyak cahaya dan menghasilkan foto mode malam, alias Night Sight, yang lebih terang dari kamera di generasi ponsel Pixel sebelumnya.

Selain chip Tensor, Pixel 6 dibekali dengan konfigurasi RAM 8 GB dan dua pilihan memori internal, yaitu 128 GB dan 256 GB. Baterainya berkapasitas 4.615 mAh dan mendukung pengisian cepat berdaya 30W.

Spesifikasi Google Pixel 6 Pro

Pixel 6 Pro memiliki layar LTPO AMOLED yang sedikit lebih luas dari "saudaranya", yaitu 6,7 inci dengan resolusi QHD Plus.

Refresh rate layar tersebut juga lebih tinggi, yakni 120 Hz, dan diklaim bisa menyesuaikan dengan konten yang ditampilkan untuk menghemat daya.

Pixel 6 Pro dibekali dengan kamera selfie 11,1 MP (f/2.2) yang juga dimuat dalam modul punch hole di bagian tengah atas layar ponsel.

Spesifikasi kamera belakang Pixel 6 Pro.Google Spesifikasi kamera belakang Pixel 6 Pro.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com