Kompas.com - 28/10/2021, 19:03 WIB
Adobe uji coba Photoshop berbasis web. Blog AdobeAdobe uji coba Photoshop berbasis web.

KOMPAS.com - Melalui acara Max Conference 2021, Adobe resmi mengumumkan kehadiran layanan Photoshop dan Illustrator berbasis web.

Kedua software pengolah gambar ini nantinya dapat diakses secara online melalui browser komputer/laptop.

Salah satu keunggulan yang ditawarkan oleh dua layanan ini terdapat dari aspek aksesibilitas. Pengguna tak lagi perlu mengunduh aplikasi apabila ingin mengedit foto menggunakan Photoshop dan Illustrator.

Baca juga: Adobe Rilis Fitur Edit File PDF di Browser Chrome

Layanan ini turut menyediakan fitur yang memungkinkan pengguna untuk saling berbagi file proyek (dalam format .PSD) untuk dikerjakan secara bersama-sama.

Dengan demikian, pengguna dapat melihat hasil kerja dengan pengguna lain serta memberikan komentar pada file proyek yang sedang dikerjakan.

Adobe turut mengintegrasikan layanan ini pada jaringan cloud, sehingga pengguna bisa membuat dan menyimpan file pada sebuah akun.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Tools yang tersedia pada layanan Photoshop berbasis web.India Today Tools yang tersedia pada layanan Photoshop berbasis web.
Jika dibandingkan dengan Photoshop dan Illustrator berbasis aplikasi, kedua layanan terbaru ini menawarkan fitur-fitur yang cukup terbatas.

Pengguna dapat melakukan proses editing foto menggunakan tools dan perintah sederhana, sebab belum semua fitur tersedia pada layanan versi web ini.

Baca juga: Adobe Photoshop Kini Bisa Dipakai di Apple Mac M1

Beberapa tools yang dapat digunakan pada Photoshop dan Illustrator berbasis web mencakup lasso tool, spot healing brush, magic wand, remove background, serta fitur untuk menyematkan teks pada foto.

Adobe berjanji akan terus menambahkan tools dan fitur baru untuk melengkapi kebutuhan editing pengguna melalui Photoshop dan Illustrator berbasis web.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.