Kompas.com - 27/10/2021, 15:01 WIB
Ilustrasi Gojek GojekIlustrasi Gojek

KOMPAS.com - Belum lama ini, lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) mengumumkan hasil riset yang mengkaji dampak platform digital Gojek terhadap pemulihan ekonomi nasional.

Salah satu temuan menariknya ialah, Gojek disebut memiliki pengguna yang loyal. Pasalnya, berdasarkan hasil riset, 86 persen pengguna Gojek tetap setia menggunakan layanan dalam ekosistem Gojek, meski tidak ada promo atau potongan harga.

Menurut Peneliti LD FEB UI, Alfindra Primaldhi, tingkat loyalitas yang ditunjukkan oleh konsumen Gojek telah melampaui loyalitas terhadap promo.

Baca juga: Ultah ke-11, Gojek Siapkan Fitur-fitur Baru Ini untuk Pengguna

"Mayoritas konsumen yang pernah menggunakan layanan Gojek, lebih sering atau selalu menggunakan layanan Gojek dibandingkan layanan serupa, meskipun tanpa promo," jelas Alfindra.

Dalam riset yang sama, Gojek dilaporkan telah memberikan kontribusi sebesar Rp 249 triliun dalam rangka membantu perekonomian Indonesia pada tahun 2020. Jumlah tersebut setara dengan 1,6 persen dari Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Indonesia pada tahun 2020.

Pengguna butuh layanan Gojek

Co-Founder sekaligus CEO Gojek, Kevin Aluwi pun mengomentari hasil riset LED FEB UI tersebut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dalam webinar bertajuk "Gojek Innovation Outlook" yang diselenggarakan hari ini, Rabu (27/10/2021), Kevin mengatakan, temuan itu menunjukkan bahwa pengguna Gojek menaruh kepercayaan yang besar pada layanan yang ada di ekosistem Gojek, seperti GoRide, GoFood, GoSend, dan layanan lainnya.

Baca juga: Konsumen Gojek Disebut Loyal Meski Tak Ada Promo

Di samping itu, menurut Kevin, hasil riset ini juga menunjukkan adanya kebutuhan dari masyarakat Indonesia terhadap layanan Gojek.

"Jadi dengan kata lain, kontribusi Rp 249 triliun yang dilaporkan LD FEB UI adalah karena konsumen betul-betul membutuhkan layanan Gojek," kata Kevin

"Bukan karena hanya tergiur oleh promo-promo yang sekarang mungkin sedang banyak di platform dgital seperti kita ini," imbuh dia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.