Kompas.com - 20/11/2021, 19:21 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - "Saya kaget beli handphone resmi tidak ada garansi hardware," ujar seorang pengulas gadget Indonesia bernama Romi Hidayat dari kanal YouTube Droidlime.

Pengalaman itu dialami Romi ketika ia membeli ponsel yang belum lama ini resmi dijual di Tanah Air, yaitu iPhone 13 Pro (256 GB). iPhone 13 tersebut dibelinya di salah satu gerai Apple Authorized Reseller yang ada di Jakarta, Jumat (19/11/2021). 

Sayangnya, Romi tidak bersedia menyebutkan lokasi toko tempat kejadian tersebut. Ia hanya menyebut melakukan transaksi di Erafone tanpa merinci lokasi detilnya.

Merasa janggal, pengalaman tersebut ia bagikan dalam sebuah unggahan di akun Instagram  kanal Droidlime (@droidlime).

Dalam unggahan tersebut, bisa dilihat ada dua buah kartu yang membeberkan daftar biaya perlindungan, alias asuransi dengan jangka waktu berbeda, yaitu 12 bulan (bergaris hijau) dan 18 bulan (bergaris coklat).

 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh DroidLime (@droidlime)

Ketika dikonfirmasi KompasTekno, kedua kartu tersebut didapat Romi dari seorang sales toko setelah ia selesai melakukan transaksi.

"Setelah bayar dan perangkatnya saya unboxing, lalu ada sales toko bilang 'mas, ini handphone-nya hanya garansi software saja ya satu tahun, tidak ada garansi hardware. Kalau mau aman, bisa pakai perlindungan (tambahan)'," tutur Romi, kepada KompasTekno, Sabtu (20/11/2021).

Romi pun sontak kaget mendengar penjelasan sales tersebut. Sebab, sepengetahuan dia, seluruh ponsel resmi yang baru dibeli biasanya disertai dengan garansi.

Meski terkejut, Romi menolak tawaran sales toko itu. Pasalnya, ia amat yakin iPhone 13 Pro yang dibeli memiliki garansi hardware dan software selama satu tahun, meski tidak dilindungi oleh asuransi.

Alasan lain untuk tidak menggunakan asuransi adalah karena ia sering gonta-ganti handphone dalam jangka waktu yang relatif singkat, sehingga masa perlindungan tadi dinilai akan sia-sia.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.