Moch S. Hendrowijono
Pengamat Telekomunikasi

Mantan wartawan Kompas yang mengikuti perkembangan dunia transportasi dan telekomunikasi.

kolom

Bisnis Telko Bergeser ke Ekonomi Digital

Kompas.com - 31/01/2022, 09:09 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Langkah Telkomsel membentuk satu holding untuk bisnis ekonomi digitalnya, Telkomsel Ekosistem Digital (TED), tidaklah mengejutkan, dan terlihat anak perusahaan PT Telkom itu tidak mau berleha-leha. Mereka tidak mau kehilangan momen, bahkan ketika kompetitornya belum sepenuhnya sadar akan perubahan bisnis yang harusnya segera mereka antisipasi.

Telkomsel sejak jauh hari sudah mulai menyatakan diri sebagai perusahaan telekomunikasi digital, masuk ke peta jalan transformasi digital. Mereka meyakini ekonomi digital akan menjadi sumber pendapatan baru dan sangat besar di kemudian hari, jika digarap sejak awal.

Telkomsel meninggalkan kompetitornya yang masih berkutat dengan cara-cara legacy, menjual jaringan untuk layanan internet, menambah pelanggan, yang makin lama makin tidak lagi signifikan dalam pendapatan. Justru ke depan, bagaimana memanfaatkan jaringan – yang tetap diperluas – untuk peluang lain, ekonomi digital, juga dengan merangkul OTT (over the top).

Kata Ketua Umum Masyarakat Telematika, Mastel, Sarwoto Atmosutarno, secara global operator seluler saat ini sangat khawatir terhadap data yield, yang berhubungan dengan layanan pita lebar bergerak (mobile broadband). Sejak beberapa waktu lalu mereka tidak mampu lagi mengangkat harga dan mendapat untung yang memadai.

Pasar yang sudah jenuh dengan jumlah pelanggan jauh di atas jumlah penduduk dan persaingan antaroperator yang tajam menjadi sebabnya. Operator harus mencari lahan baru untuk pertumbuhan, yang justru ada di OTT, yang tidak punya jaringan tetapi beroperasi di alur seluruh jaringan operator.

“Mereka penguasa platform yang mendapat value, dibanding operator yang pendapatannya hanya berbasis infrastruktur,” ujar mantan Dirut PT Telkomsel itu.

Telkomsel Ekosistem Digital, seperti kata Dirut PT Telkomsel Hendri Mulya Syam (HMS), akan mendorong lebih banyak solusi karya talenta digital lokal, membuka kolaborasi dengan para pelaku bisnis dan perusahaan digital unggul agar kemandirian digital Indonesia semakin matang. “TED diharapkan mampu mengantar Indonesia jadi digital powerhouse di Asia Tenggara,” katanya.

Rp 1.780 triliun

Untuk awalnya, Telkomsel Ekosistem Digital akan fokus sektor industri digital teknologi pendidikan, teknologi kesehatan dan permainan (gaming). Ketiganya berpotensi besar mendorong perekonomian digital nasional dan menjadi bagian dari portofolio bisnis digital yang baru, yang mampu meningkatkan pendapatan perusahaan.

Telkomsel akan memisahkan aplikasi Kuncie, platform yang menyediakan konten video edukasi, dan Fita, aplikasi pendukung gaya hidup sehat. Keduanya akan digabungkan ke TED, memperkuat penetrasi bisnis vertikal di sektor pendidikan (edu-tech) dan kesehatan (health- tech).

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.