Kompas.com - 07/03/2022, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Fungsi pengisian daya atau charge sangat penting bagi semua laptop, tak terkecuali laptop Apple Macbook. Bila fungsi tersebut tidak bisa berjalan dengan baik, tentu pengguna bakal mengalami kerepotan.

Macbook atau kerap disapa dengan Mac, menggunakan daya dari baterai agar bisa hidup dan beroperasi. Seiring dengan waktu penggunaan, daya dari baterai tersebut harus diisi menggunakan charger atau perangkat pengisi daya.

Sementara itu, tak jarang pengguna mengalami masalah Macbook tidak bisa di-charge. Akibatnya, macbook jadi tidak bisa menyala dan digunakan saat kondisi dayanya habis.

Baca juga: 4 Cara Screenshoot di Macbook Tanpa Aplikasi

Penyebab macbook tidak bisa charging atau mengisi daya itu timbul dari beberapa faktor, bisa dari masalah pengaturan di sistem operasi hingga gangguan di perangkat kerasnya.

Misalnya, Macbook dengan versi sistem operasi MacOS 15.5.5 atau yang lebih baru, tidak bisa mengisi daya saat kondisinya masih 90 persen ke atas, dikarenakan sistem manajemen baterainya tidak mengizinkan hal itu.

Macbook tidak bisa mengisi daya juga bisa karena terdapat gangguan di perangkat charger. Jadi, untuk mengatasi masalah Macbook tidak bisa di-charge, Anda perlu mengidentifikasi sejumlah gangguan yang mungkin terjadi di beberapa faktor tersebut.

Selengkapnya, berikut KompasTekno rangkumkan cara mengatasi Macbook tidak bisa di-charge, sebagaimana dilansir laman resmi Apple.

1. Matikan sistem manajemen kesehatan baterai

Sebagaimana telah disebut di awal, bagi Anda pengguna Macbook dengan versi sistem operasi MacOS Catalina atau yang lebih baru, mungkin bakal menjumpai pesan “Tidak Mengisi” saat melakukan charge di kondisi daya 90 persen ke atas.

Mengatasi Macbook tidak bisa mengisi daya di faktor ini bisa dilakukan dengan mematikan sistem manajemen kesehatan baterainya. Caranya, pilih opsi “System Preferences” di ikon Apple pada layar home.

Kemudian, klik opsi “Baterai” dan pilih submenu “Baterai” di bar samping. Lalu, klik “Kesehatan Baterai” dan hapus centang "Kelola ketahanan baterai".

2. Periksa aplikasi yang sedang berjalan

Macbook tidak bisa mengisi daya juga dapat disebabkan karena laptop secara bersamaan digunakan untuk mengoperasikan aplikasi berat seperti game dan edit video.

Aplikasi semacam itu membutuhkan lebih banyak daya. Jadi, persentase daya Macbook tidak bakal terisi saat Anda sedang mengoperasikan aplikasi tersebut secara bersamaan.

Agar persentasenya bisa terisi dan naik, Anda dapat menghentikan atau menutup sejenak pengoperasian aplikasi tersebut dan mulai mengisi daya Macbook.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.