Rahasia Oppo Reno 7 Z 5G Bisa Tembus Kecepatan Download 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Kompas.com - 20/03/2022, 09:00 WIB

LOMBOK, KOMPAS.com - Telkomsel menggelar jaringan 5G di ajang balap MotoGP, Pertamina Grand Prix of Indonesia, yang berlangsung di Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 18-20 Maret 2022.

Dalam perhelatan tersebut, KompasTekno melakukan pengujian terhadap kecepatan 5G di sana menggunakan sejumlah ponsel 5G yang sudah terpasang dengan aplikasi Speedtest dari Ookla.

Rekor tertinggi kecepatan 5G yang kami jajal berasal dari Oppo Reno7 Z 5G, di mana kami mendapati kecepatan unduh (download) menyentuh angka 1 Gbps dan unggah (upload) mencapai 120 Mbps.

Baca juga: Diuji, 5G Telkomsel Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Dalam uji coba, kecepatan internet 1 Gbps itu bisa digunakan untuk mengunduh game Call of Duty yang berukuran 1,7 GB hanya dalam waktu sekitar 1 menit 37 detik untuk diunduh dari PlayStore.

Begitu juga game PUBG: New State dengan ukuran 1,3 GB, hanya membutuhkan waktu download sekitar 1 menit saja.

Public Relations Manager Oppo Indonesia, Aryo Meidianto mengatakan bahwa kecepatan tersebut bisa dicapai lantaran frekuensi 5G yang dimiliki Oppo Reno7 Z 5G cukup lengkap dan mendukung seluruh frekuensi 5G yang digelar Telkomsel di sekitar area sirkuit.

Untuk diketahui, untuk menggelar 5G di area tersebut, Telkomsel menggunakan gabungan frekuensi 2.100 Mhz (n1) dan 2.300 Mhz (n40) existing, serta frekuensi ekstra 3.500 Mhz (n78) yang untuk sementara diizinkan penggunaannya oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).
 
"Oppo Reno7 Z 5G bisa mendapatkan kecepatan maksimal 5G hingga 1 Gbps karena perangkat ini banyak didukung oleh jaringan 5G yang sesuai dengan yang digunakan operator penyelengara 5G di Indonesia seperti pada pita n1, (2.100 Mhz), n3 (1.800 Mhz), n40 (2.300 Mhz), hingga n78 (3.500 Mhz)," jelas Aryo kepada KompasTekno, Sabtu (19/3/2022).
 

Tersambung ke frekuensi 3.500 MHz

 
Di sirkuit Mandalika, kecepatan download jaringan 5G Telkomsel mencapai 1,006 Mbps atau 1 Gbps. Adapun kecepatan upload-nya mencapai 123 Mbps dan latency 14 ms.Kompas.com/YUDHA PRATOMO Di sirkuit Mandalika, kecepatan download jaringan 5G Telkomsel mencapai 1,006 Mbps atau 1 Gbps. Adapun kecepatan upload-nya mencapai 123 Mbps dan latency 14 ms.
 
Aryo juga menyoroti satu frekuensi ekstra yang digunakan Telkomsel untuk sementara waktu, yaitu 3.500 MHz. Menurut dia, Oppo Reno7 Z 5G bisa saja tersambung dengan frekuensi ini, sehingga kecepatan download 5G bisa melesat dari biasanya.
 
Berdasarkan pengujian kami di area Pertamina Mandalika International Street Circuit menggunakan sejumlah ponsel 5G, kecepatan yang kami dapat hanya berkisar 100-300 Mbps, sedangkan kecepatan yang didapat Reno7 Z 5G tadi merupakan kecepatan tertinggi yang kami dapatkan.
 
"Ada kemungkinan Reno7 Z 5G terkonfirmasi dan tersambung dengan salah satu pita. Yang mungkin terjadi tersambung dengan pita frekuensi 3.500 Mhz, karena pita ini tergolong baru dan belum banyak yang menggunakan," imbuh Aryo.
 

Kecepatan download 5G yang didapat ponsel terbaru Oppo tersebut, terutama di area Sirkuit Internasional Mandalika, sesuai dengan klaim Telkomsel baru-baru ini.

Sebab, dalam pengujian yang dilakukan pihak Telkomsel di tempat yang sama, mereka mengeklaim bahwa kecepatan download 5G dengan tiga gabungan frekuensi tadi mencapai lebih dari 2 Gbps, dua kali lebih cepat dari kecepatan Reno7 Z 5G.
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.