Kompas.com - 25/03/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Kepolisian di Kota London, Inggris, menangkap tujuh remaja yang diduga terlibat dalam kasus peretasan Microsoft, Nvidia, Samsung, dkk.

Ketujuh remaja tersebut diduga terhubung dengan organisasi peretas Lapsus$, yang disebut-sebut merupakan dalang di balik kasus peretasan perusahaan-perusahaan teknologi ternama di dunia.

Menurut Inspektur Detektif Kepolisian Kota London, Michael O' Sullivan, pihaknya tengah mendalami kasus peretasan tersebut, termasuk soal keterlibatan tujuh remaja dalam aksi ini.

"Tujuh orang berusia antara 16 dan 21 telah ditangkap, terkait dengan penyelidikan ini dan semuanya telah dibebaskan dalam penyelidikan," kata Sullivan, dikutip KompasTekno dari Reuters, Jumat (25/3/2022).

Sebelumnya, sebuah laporan menyebut bahwa remaja 16 tahun asal Inggris diduga sebagai salah satu "otak" yang memimpin kelompok hacker tersebut.

Baca juga: Microsoft Diretas, Kode Sumber Bing dan Cortana Dicuri Hacker Lapsus$

Namun, tidak disebutkan apakah remaja 16 tahun itu menjadi salah satu yang ditangkap oleh Kepolisian London atau tidak.

Menurut laporan outlet media Bloomberg, tuduhan itu muncul setelah peneliti keamanan yang menyelidiki Lapsus$ meyakini bahwa remaja asal Inggris itu menggunakan nama samaran "White” dan “breachbase" ketika menjalankan serangan siber.

Namun, para peneliti belum memiliki bukti kuat untuk mengaitkan remaja Inggris itu dengan semua kasus peretasan yang diklaim didalangi oleh kelompok Lapsus$.

Remaja yang tidak dapat disebutkan namanya karena alasan hukum itu diyakini menghadiri sekolah pendidikan khusus di Oxford, Inggris. Menurut laporan, remaja itu juga tinggal sekitar 8 km dari Universitas Oxford.

Ayah dari hacker "White" ini mengaku tidak tahu-menahu bahwa anaknya ternyata diyakini tergabung dalam kelompok Lapsus$. Namun, sang ayah membenarkan bahwa anaknya pandai menggunakan komputer dan banyak menghabiskan waktu di komputer.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Verge
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.