Apple Akan Sediakan Layanan Langganan iPhone?

Kompas.com - 25/03/2022, 11:30 WIB

KOMPAS.com - Apple dikabarkan tengah menyiapkan program baru, yakni berlangganan perangkat iPhone.  Melansir CNBC yang mengutip Bloomberg, program berlangganan tersebut akan meluncur akhir tahun ini atau awal tahun depan.

Layanan ini kemungkinan akan memiliki konsep yang mirip dengan leasing. Nantinya, pelanggan bisa menggunakan iPhone dengan sistem berlangganan setiap bulannya, seperti halnya ketika pengguna Apple berlangganan iCloud.

Pengguna yang ingin menikmati perangkat iPhone akan dibebankan sejumlah biaya tertentu yang harus dibayar rutin kepada Apple setiap bulannya.

Baca juga: iOS 15.4 Dikeluhkan Bikin Boros Baterai, Apple Sebut Itu Normal

Biaya tersebut wajib dibayarkan selama masa penggunaan iPhone tersebut berlangsung. Setelah waktu perjanjian berakhir, kepemilikan iPhone sepenuhnya akan kembali dipegang pihak Apple.

Dengan kata lain, pengguna dapat menyewa sebuah iPhone dari Apple untuk bisa digunakan selama waktu kontrak berlaku.

Secara teknis, status kepemilikian iPhone masih akan dipegang Apple lantaran pengguna hanya berperan sebagai penyewa.

Baca juga: Apple Kuasai Pasar Ponsel 5G Global meskipun Telat Rilis iPhone 5G

Meski tidak dapat memiliki iPhone secara seutuhnya, sistem ini mampu memungkinkan produk Apple untuk bisa lebih mudah dijangkau konsumen yang tidak mampu membayar uang muka/down payment (DP) untuk membeli iPhone.

Kabarnya, penyewa juga bisa upgrade perangkat yang sedang disewa, dengan iPhone keluaran terbaru.

Hingga saat ini masih belum diketahui berapa biaya sewa yang akan dipatok kepada pengguna. Ada kemungkinan bahwa biaya sewa tersebut akan lebih terjangkau dibandingkan beban angsuran pada program cicilan.

Konon, sistem leasing ini akan diintegrasikan ke akun ID Apple dengan kemungkinan adanya bundling di layanan AppleCare atau Apple One, dihimpun KompasTekno dari Phone Arena, Jumat (25/3/2022).

Baca juga: Kantor Apple Dapat Kiriman Bubuk Misterius, Karyawan Dievakuasi

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.