Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis, dan Contoh-contohnya

Kompas.com - 04/04/2022, 14:45 WIB
Soffya Ranti,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Anda tentu tidak asing lagi dengan keberadaan tombol - tombol perintah yang berada di setiap software yang dijalankan. Tombol-tombol tersebut umumnya memiliki ikon dengan gambar yang merepresentasikan instruksi tertentu. 

Tombol - tombol itu disebut juga dengan "toolbar". Toolbar biasanya ditemui dengan berbagai software, seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, dan lainnya. 

Lantas apa itu Toolbar? toolbar adalah sekumpulan ikon, tombol, atau bilah alat yang terdapat di bagian atas atau samping tampilan software yang berguna untuk memudahkan pengguna menjalankan perintah tertentu.

Baca juga: Nama dan Fungsi Toolbar di Microsoft Word

Masing-masing tombol toolbar memiliki fungsi untuk menjalankan perintah yang berbeda. Adapun setiap software selalu memiliki toolbarnya masing - masing dan direpresentasikan  melalui grafis tertentu. 

Misalnya saja toolbar "File Tab"  pada Microsoft Word yang menyajikan beberapa opsi membuat file baru (New Blank Document), membuka file yang terakhir dilihat (Recent), atau membuka file yang sudah disimpan sebelumnya (Open), atau menyimpan dokumen (Save). 

Fungsi Toolbar

Fungsi toolbar adalah untuk mengaktifkan fungsi fitur tertentu atau mengubah mode dalam aplikasi. Fungsi toolbar juga tergantung pada masing - masing software yang dijalankan pengguna. 

Sebuah toolbar akan menyediakan akses cepat ke fungsi -fungsi yang biasa dilakukan dalam program. Misal saja toolbar pada Microsoft Word yang memungkinkan Anda untuk membuka, menyimpan, mencetak dokumen, mengubah font, ukuran teks, dan gaya teks.

Tampilan toolbar biasanya direpresentasikan melalui grafis ikon. Contoh saja ikon "printer" untuk mengarahkan mencetak dokumen, ikon "picture" untuk memasukkan gambar, dan sebagainya.

Baca juga: Menu Klik Kanan Windows Diperbarui Setelah 20 Tahun, Begini Tampilannya

Jenis - jenis Toolbar

Terdapat beberapa jenis toolbar yang umumnya ditemui. Jenis toolbar di setiao software akan berbeda. Namun, ada beberapa toolbar yang hampir mirio satu sama lain. Beberapa toolbar tersebut yaitu toolbar standart, toolbar formatting, dan toolbar drawing.

  • Toolbar standar 

Toolbar standar biasanya berupa tombol perintah untuk digunakan seperti
membuka lembar kerja baru, memanggil dokumen, menyimpan, dan mencetak.

Ikon - ikon toolbar standar umumnya, seperti New Blank Document, Open, Save, E-mail, Search, Print, Cut, Copy, dan lain sebagainya. 

  • Toolbar formating 

Toolbar formating berisi menu format dokumen, seperti memilih model huruf, ukuran huruf, efek pencetakan, perataan teks. Ikon-ikon pada toolbar formating seperti Font, Font Size, Underline, Italic, Bold, Center, Align Left, Justify, dan lainnya. 

  • Toolbar drawing

Berisi menu untuk memudahkan dalam menggambar. Adapun toolbar drawing Microsoft Word menyediakan fasilitas instant untuk menggambar dan mengaturnya. Contoh toolbar drawing, seperti, Draw, Select Objek, Autoshapes, Oval, Textbox, dan lainnya. 

Baca juga: Mengenal 3 Komponen Sistem Komputer: Hardware, Software, dan Brainware

Contoh - Contoh Toolbar

Toolbar Microsoft Word

Toolbar Ms WordKompas.com/soffyaranti Toolbar Ms Word

Toolbar Microsoft Word terdiri dari File Tab, Quick Access Toolbar, Ribbon, Title Bar, Ruler, Help, Control Zoom, View Buttons, Document Area, Status Bar, dan Dialog Box Launcher

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com