Pengertian Toolbar, Fungsi, Jenis, dan Contoh-contohnya

Kompas.com - 04/04/2022, 14:45 WIB

KOMPAS.com - Anda tentu tidak asing lagi dengan keberadaan tombol - tombol perintah yang berada di setiap software yang dijalankan. Tombol-tombol tersebut umumnya memiliki ikon dengan gambar yang merepresentasikan instruksi tertentu. 

Tombol - tombol itu disebut juga dengan "toolbar". Toolbar biasanya ditemui dengan berbagai software, seperti Microsoft Word, Excel, Power Point, dan lainnya. 

Lantas apa itu Toolbar? toolbar adalah sekumpulan ikon, tombol, atau bilah alat yang terdapat di bagian atas atau samping tampilan software yang berguna untuk memudahkan pengguna menjalankan perintah tertentu.

Baca juga: Nama dan Fungsi Toolbar di Microsoft Word

Masing-masing tombol toolbar memiliki fungsi untuk menjalankan perintah yang berbeda. Adapun setiap software selalu memiliki toolbarnya masing - masing dan direpresentasikan  melalui grafis tertentu. 

Misalnya saja toolbar "File Tab"  pada Microsoft Word yang menyajikan beberapa opsi membuat file baru (New Blank Document), membuka file yang terakhir dilihat (Recent), atau membuka file yang sudah disimpan sebelumnya (Open), atau menyimpan dokumen (Save). 

Fungsi Toolbar

Fungsi toolbar adalah untuk mengaktifkan fungsi fitur tertentu atau mengubah mode dalam aplikasi. Fungsi toolbar juga tergantung pada masing - masing software yang dijalankan pengguna. 

Sebuah toolbar akan menyediakan akses cepat ke fungsi -fungsi yang biasa dilakukan dalam program. Misal saja toolbar pada Microsoft Word yang memungkinkan Anda untuk membuka, menyimpan, mencetak dokumen, mengubah font, ukuran teks, dan gaya teks.

Tampilan toolbar biasanya direpresentasikan melalui grafis ikon. Contoh saja ikon "printer" untuk mengarahkan mencetak dokumen, ikon "picture" untuk memasukkan gambar, dan sebagainya.

Baca juga: Menu Klik Kanan Windows Diperbarui Setelah 20 Tahun, Begini Tampilannya

Jenis - jenis Toolbar

Terdapat beberapa jenis toolbar yang umumnya ditemui. Jenis toolbar di setiao software akan berbeda. Namun, ada beberapa toolbar yang hampir mirio satu sama lain. Beberapa toolbar tersebut yaitu toolbar standart, toolbar formatting, dan toolbar drawing.

  • Toolbar standar 

Toolbar standar biasanya berupa tombol perintah untuk digunakan seperti
membuka lembar kerja baru, memanggil dokumen, menyimpan, dan mencetak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.