Kompas.com - 08/04/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Platform berbagi video berdurasi pendek TikTok, tampaknya sedang kehadiran filter baru bernama Rotoscope. Pengguna kini dapat menambahkan dan menghapus Rotoscope dari koleksi filter di Tiktok

Bagi Anda yang aktif bermain TikTok, mungkin telah beberapa kali melihat video dari pengguna lain menggunakan filter Rotoscope nongol di linimasa atau yang lebih akrab disebut For Your Page (FYP).

Baca juga: Cara Membuat Font Centang Biru TikTok yang Lagi Ramai

Salah satu contoh penggunaan filter Rotoscope bisa dilihat dari akun pengguna dengan handle @davidddodle, sebagaimana video di bawah ini.

@davidddodle Now you can do this Rotoscope effect using filter ???????? Try it!!???????? #rotoscope #tutorial #learnontiktok #tiktokguru #jombelajar ? Nutcase22 Captain RestrictedRemix - i c e t u t ??

Dalam video tersebut, filter Rotoscope bekerja dengan mengubah objek (wajah dan tubuh) bergerak dari pengguna yang ditangkap kamera TikTok menjadi animasi.

Rotoscope sendiri merupakan salah satu teknik animasi dengan cara menjiplak gerakan langsung (live-action) pengguna dan mengubahnya menjadi video animasi. Lewat filter Rotoscope di TikTok, pengguna bisa membuat video animasi dari gerakan tubuhnya.

Animasi yang dimunculkan lewat filter Rotoscope di TikTok ini juga dibarengi dengan perubahan warna. Jadi saat tubuh digerakkan, animasi bakal muncul di layar TikTok berikut dengan perubahan warnanya.

Untuk membuat video animasi seperti contoh di atas, Anda perlu menambahkan Rotoscope di koleksi filter TikTok terlebih dahulu, dengan cara sebagai berikut:

Cara menambahkan filter Rotoscope

  • Buka aplikasi TikTok di ponsel Anda
  • Kemudian, ketuk ikon kaca pembesar untuk mulai mencari filter Rotoscope
  • Di kolom pencarian, masukkan kata “Rotoscope”
  • Di halaman pencarian pada bagian “Efek”, bakal muncul ikon dari filter Rotoscope
  • Klik ikon tersebut, lalu pilih opsi “Tambahkan ke Favorit” untuk menambahkan filter Rotoscope
  • Bila langsung ingin membuat video dengan filter Rotoscope tanpa menyimpannya di koleksi, bisa klik opsi “Coba efek ini”
  • Setelah ditambahkan ke koleksi filter, klik ikon tambah untuk mulai membuat video
  • Setelah kamera TikTok terbuka, klik opsi “Efek” dan pilih opsi “Favorit” untuk menggunakan filter Rotoscope yang tadi telah ditambahkan dan disimpan.

Ilustrasi cara menambah filter Rotoscope di TikTokKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambah filter Rotoscope di TikTok

Baca juga: Cara Membuat Caption Otomatis di TikTok

Kini, Anda bisa mulai membuat video TikTok dengan filter Rotoscope. Sementara itu, cara menggunakan filter Rotoscope dapat dilakukan dengan menekan tombol rekam dan menganggukan kepala untuk mulai mengaktifkan animasinya.

Bila telah bosan dengan filter Rotoscope, Anda bisa juga menghapusnya dari koleksi filter Tiktok dengan cara sebagai berikut:

Cara menghapus filter Rotoscope

  • Pada opsi “Efek” di kamera TikTok, buka opsi “Favorit”
  • Kemudian, pilih filter Rotoscope yang tadi telah ditambahkan
  • Terakhir, klik ikon opsi “Favorit” warna merah untuk menghapus filter Rotoscope

Ilustrasi cara menghapus filter Rotoscope di TikTokKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menghapus filter Rotoscope di TikTok

Baca juga: Tips agar Video TikTok Masuk FYP dan Ditonton Lebih Banyak Orang

Cara di atas dijajal pada aplikasi TikTok di iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.4. Beda versi sistem operasi, mungkin beda juga letak opsinya. Itulah cara menambahkan dan menghapus filter Rotoscope di TikTok, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.