Kompas.com - 14/04/2022, 06:07 WIB

KOMPAS.com - Huawei kembali meluncurkan tablet generasi terbarunya, yaitu Huawei MatePad di Indonesia pada Selasa (12/4/2022).

Tablet Huawei MatePad menggunakan layar berpanel IPS LCD berukuran 10,4 inci dengan resolusi 2K (2.000 x 1.200 piksel) serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 470 nits.

Layar tersebut turut dibekali kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.0). Di bagian punggungnya, terdapat sebuah kamera belakang beresolusi 13 MP (f/1.8) yang ditemani oleh sebuah lampu LED flash.

Untuk dapur pacunya, Huawei MatePad diotaki oleh chipset Kirin 710A bikinan Huawei sendiri. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan media 64 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan internet tersebut masih bisa ditambah hingga 512 GB menggunakan kartu eksternal microSD.

Huawei MatePad menjalankan sistem operasi (OS) buatan Huawei sendiri, HarmonyOS 2, yang sebenarnya berbasis Android.

Meski berbasis Android, tablet HarmonyOS ini tidak mendukung layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik Huawei MatePad tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Baca juga: Huawei P50 Pro Masuk Indonesia Tanpa 5G dan Layanan Google, Mengapa?

Sebagai ganti Google Mobile Services, tablet Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Untuk sektor daya, Huawei MatePad ditopang oleh baterai berkapasitas 7.250 mAh. Dengan sekali pengisian daya, baterai tablet ini diklaim dapat tahan digunakan untuk memutar video HD 1080p secara terus menerus hingga 12 jam.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.