Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tablet Huawei MatePad 10,4 Inci Resmi di Indonesia, Harga Rp 5 Juta

Kompas.com - 14/04/2022, 06:07 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Huawei kembali meluncurkan tablet generasi terbarunya, yaitu Huawei MatePad di Indonesia pada Selasa (12/4/2022).

Tablet Huawei MatePad menggunakan layar berpanel IPS LCD berukuran 10,4 inci dengan resolusi 2K (2.000 x 1.200 piksel) serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 470 nits.

Layar tersebut turut dibekali kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.0). Di bagian punggungnya, terdapat sebuah kamera belakang beresolusi 13 MP (f/1.8) yang ditemani oleh sebuah lampu LED flash.

Untuk dapur pacunya, Huawei MatePad diotaki oleh chipset Kirin 710A bikinan Huawei sendiri. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan media 64 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan internet tersebut masih bisa ditambah hingga 512 GB menggunakan kartu eksternal microSD.

Huawei MatePad menjalankan sistem operasi (OS) buatan Huawei sendiri, HarmonyOS 2, yang sebenarnya berbasis Android.

Meski berbasis Android, tablet HarmonyOS ini tidak mendukung layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik Huawei MatePad tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Baca juga: Huawei P50 Pro Masuk Indonesia Tanpa 5G dan Layanan Google, Mengapa?

Sebagai ganti Google Mobile Services, tablet Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Untuk sektor daya, Huawei MatePad ditopang oleh baterai berkapasitas 7.250 mAh. Dengan sekali pengisian daya, baterai tablet ini diklaim dapat tahan digunakan untuk memutar video HD 1080p secara terus menerus hingga 12 jam.

Baterai Huawei MatePad juga sudah dilengkapi dengan fitur pengisi daya cepat (fast charging) 22,5 watt, di mana baterai bisa terisi penuh 100 persen dalam waktu 2,5 jam.

Fitur lain yang dibawa tablet ini meliputi Bluetooth 5.1, USB Type-C, 3 mikrofon, empat buah speaker besutan Harman/Kardon, WiFi 802.11a/b/g/n/ac.

Baca juga: Huawei P50 Pro Resmi di Indonesia, Ponsel Snapdragon 888 4G Harga Rp 15 Juta

Mendukung keyboard fisik dan stylus

Di samping itu, Huawei MatePad juga dibekali dengan sejumlah fitur penunjang produktivitas dan multitasking. Misalnya, ada fitur Multi-Window yang memungkinkan empat jendela aplikasi ditampilkan sekaligus pada layar.

Ada pula fitur App Multiplier yang memungkinkan pengguna mengerjakan dua tugas secara terpisah dalam satu aplikasi yang sama.

Country Head of Huawei CBG Indonesia, Patrick Ru mengatakan, tablet anyar Huawei MatePad ini adalah gadget yang tepat bagi pengguna yang membutuhkan gadget untuk keperluan produktivitas dan multitasking.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com