Kompas.com - 20/04/2022, 10:02 WIB

KOMPAS.com - Lembaga riset pasar Canalys merilis laporan pengiriman (shipment) smartphone global terbarunya untuk kuartal I-2022.

Dalam periode tiga bulan pertama (Januari-Maret) tersebut, riset Canalys menunjukkan Samsung sebagai vendor ponsel teratas, alias perusahaan yang paling banyak mengirimkan smartphone ke seluruh dunia, dengan pangsa pasar (market share) 24 persen.

Angka itu meningkat dari pangsa pasar 22 persen yang diraih perusahaan asal Korea Selatan tersebut di kuartal I-2021 lalu (Year-over-Year).

Menurut Canalys, peningkatan performa bisnis Samsung ini dikontribusi oleh trio Galaxy S22 Series dan sejumlah model Galaxy A Series yang laku keras di pasaran.

Baca juga: IDC: 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia 2021, Oppo Teratas

Membuntuti Samsung, Apple menduduki posisi kedua dengan market share 18 persen, meningkat pula dari pangsa pasar 15 persen yang diraih pada periode yang sama tahun lalu.

Canalys menyebut peningkatan pengiriman ponsel Apple ini disumbang oleh penjualan iPhone SE 2022, serta iPhone 13 Series yang diklaim cukup baik.

Di sisi lain, jika pangsa pasar Samsung dan Apple meningkat, pangsa pasar vendor ponsel yang berada di posisi ketiga, keempat, dan kelima, yaitu Xiaomi, Oppo, dan Vivo justru mengalami penurunan di kuartal I-2022.

Ketiga vendor ponsel tersebut masing-masing memiliki pangsa pasar 13 persen (Xiaomi), 10 persen (Oppo), dan 8 persen (Vivo), menurun dari tahun sebelumnya yang masing-masing sebesar 14 persen (Xiaomi), 11 persen (Oppo), dan 10 persen (Vivo).

Pengiriman smartphone global menurun

Secara keseluruhan, Canalys turut mengeklaim bahwa total pengiriman ponsel secara global di kuartal-I 2022 menurun 11 persen apabila dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Menurut Canalys, hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor mulai dari invasi Rusia ke Ukraina, kebijakan pembatasan pergerakan (lockdown) di China, serta inflasi yang melanda ekonomi global.

Baca juga: Pengiriman Smartphone Lipat Naik Drastis berkat Samsung

Canalys sendiri tidak menyebutkan berapa jumlah smartphone yang terkirim secara global di kuartal-I 2022.

Namun, mereka memprediksi bahwa pengiriman ponsel di masa depan tidak akan bernasib sama dengan periode awal tahun ini.

Sebab, kelangkaan produk semikonduktor yang melanda pasar global disebut mereka bakal segera pulih dalam beberapa waktu ke depan.

Terlepas dari itu, simak daftar lima vendor ponsel terlaris di dunia di kuartal-I 2022 versi Canalys, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Canalys.com, Rabu (20/4/2022).

No. Vendor Pangsa Pasar Q12021 Pangsa Pasar Q12022
1. Samsung 22 persen 24 persen
2. Apple 15 persen 18 persen
3. Xiaomi 14 persen 13 persen
4. Oppo 11 persen 10 persen
5. Vivo 10 persen 8 persen
6. Others (gabungan vendor ponsel lain) 28 persen 27 persen

Sumber: Canalys.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Canalys
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.