Kompas.com - 27/04/2022, 16:15 WIB
Ilustrasi cara cek tarif tol secara online KOMPAS.com/ZulfikarIlustrasi cara cek tarif tol secara online

KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang hendak melangsungkan perjalanan mudik Lebaran 2022 dan melintasi jalan tol, ada baiknya untuk mengetahui besaran tarif tol yang harus dibayarkan.

Dengan mengetahui besaran tarif tol sebelum berangkat mudik Lebaran 2022, nantinya masyarakat bisa memperkirakan atau menghitung berapa banyak saldo yang perlu diisi pada kartu e-toll.

Baca juga: Cara Mengisi e-HAC untuk Mudik Lebaran 2022 dengan Kendaraan Pribadi

Hampir semua pintu masuk tol kini telah menerapkan sistem pembayaran nontunai menggunakan kartu e-toll. Bila ternyata saldo di kartu e-toll tak mencukupi, mungkin bakal membuat repot saat ingin melintasi jalan tol dalam perjalanan mudik Lebaran 2022.

Dengan demikian, cek tarif tol sebelum berangkat mudik kiranya penting untuk dilakukan. Cek tarif tol kini dapat dilakukan secara online lewat layar ponsel, dengan memanfaatkan layanan dari beberapa aplikasi dan website.

Jadi, bagi Anda yang ingin mudik nanti, bisa dengan mudah memeriksa besaran tarif masuk jalan tol yang hendak dilintasi, sekaligus dapat memperkirakan jumlah saldo e-toll yang akan dibawa.

Sudah penasaran dengan cara cek tarif tol online? Simak penjelasan di bawah ini.

1. Cara cek tarif tol di Waze

Ilustrasi cara cek tarif tol di WazeKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek tarif tol di Waze

Waze merupakan aplikasi dengan fitur utama peta dan navigasi, mirip Google Maps. Waze memiliki fitur yang memungkinkan setiap pengguna untuk bisa menambahkan informasi yang bersangkutan dengan perjalanan, termasuk tarif tol.

Melalui informasi dari pengguna lain di Waze itu, Anda bisa mengetahui estimasi besaran tarif tol yang bakal dibayarkan ketika menuju ke lokasi tertentu via jalan tol. Adapun cara cek tarif tol di Waze adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Waze di ponsel Anda, pastikan izin akses fitur Lokasi telah diaktifkan
  • Ketuk opsi “Waze Saya” dan ikon ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”
  • Setelah itu, klik opsi “Navigasi” dan pastikan opsi “Hindari Jalan Berbayar” telah dinonaktifkan
  • Keluar dari menu “Pengaturan”, lalu atur rute perjalanan Anda
  • Terakhir, Waze bakal menampilkan informasi seputar estimasi tarif tol yang bakal dikeluarkan saat melintasi jalan tol dengan rute tersebut.

Perlu diingat, tarif tol itu merupakan hasil estimasi dari informasi yang ditambahkan oleh pengguna lain di Waze, bukan tarif aktual yang ditetapkan oleh operator jalan tol.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.