Kompas.com - 10/05/2022, 09:30 WIB

KOMPAS.com - Raksasa jejaring sosial Facebook bakal segera menghapus sejumlah fitur yang mengandalkan informasi lokasi pengguna.

Salah satunya adalah fitur "Nearby Friends", fitur yang memungkinkan pengguna Facebook berbagi lokasi terkini dengan teman Facebook lainnya.

Menurut laporan outlet media 9to5Mac, sejumlah pengguna Facebook sudah mulai menerima notifikasi penghentian sejumlah fitur berbasis lokasi di Facebook.

Menurut notifikasi tersebut, fitur Nearby Friends dan Weather Alerts (peringatan cuaca) akan disetop mulai akhir bulan Mei 2022 ini.

Baca juga: Google Rilis Nearby Share di Android, Fitur Berbagi File Mirip Apple AirDrop

"Nearby Friends dan Weather alerts tidak akan tersedia lagi setelah 31 Mei 2022," tulis notifikasi Facebook.

Menurut pantauan KompasTekno di aplikasi Facebook di ponsel Android, Selasa (10/5/2022), fitur Nearby Friends ini masih tersedia dan dapat digunakan oleh pengguna. Fitur ini bisa diakses dengan cara klik menu tiga garis di beranda aplikasi mobile Facebook > klik "Nearby Friends" > klik "Get started".

Ilustrasi notifikasi Facebook terkait penghentian fitur berbasis lokasi pengguna, seperti Nearby Friends dan weather alerts.9to5mac Ilustrasi notifikasi Facebook terkait penghentian fitur berbasis lokasi pengguna, seperti Nearby Friends dan weather alerts.
Riwayat lokasi pengguna bakal dihapus 1 Agustus 2022

Setelah dua fitur itu resmi meninggalkan platform, Facebook mengungkapkan pihaknya juga akan berhenti mengumpulkan informasi lokasi, yang sebelumnya dikumpulkan, agar pengguna bisa menikmati fitur Nearby Friends dan Weather alerts.

Baca juga: Cara Mencari WiFi Terdekat dengan Aplikasi Facebook

"Informasi yang Anda bagikan yang digunakan untuk pengalaman ini, termasuk Location History dan Background Location, akan berhenti dikumpulkan setelah 31 Mei 2022, meskipun Anda telah mengaktifkannya sebelumnya," tulis Facebook.

Untuk data Location History (riwayat lokasi) sendiri sedianya dikumpulkan secara otomatis oleh Facebook untuk membuat penanda lokasi atau tempat-tempat mana saja yang sudah dikunjungi pengguna.

Menurut Facebook, data riwayat lokasi tersebut bisa diunduh oleh pengguna hingga 1 Agustus 2022. Setelah itu, Facebook akan menghapus data ini.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber 9to5mac
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.