Google Rilis Nearby Share di Android, Fitur Berbagi File Mirip Apple AirDrop

Kompas.com - 05/08/2020, 12:05 WIB
Ilustrasi Nearby Share. GoogleIlustrasi Nearby Share.
Penulis Bill Clinten
|
Editor Oik Yusuf

KOMPAS.com - Setelah lebih dulu melalui uji coba, fitur Nearby Share kini sudah bisa digunakan untuk berbagi file antar perangkat Android.

Mirip dengan AirDrop dari Apple, fitur berbagi file yang dulunya konon bernama "Fast Share" ini dapat dipakai untuk berbagi aneka konten, seperti musik, video, hingga foto, dari satu ponsel ke ponsel lainnya secara wireless.

Fitur Nearby Share saat ini sudah mulai digulirkan secara bertahap kepada para pengguna perangkat Android versi 6.0 (Marshmallow) atau yang lebih baru.

Baca juga: AirDrop, Jembatan Antara iOS dan OS X

"Beberapa perangkat Pixel dan Samsung akan menjadi smartphone pertama yang kebagian fitur Nearby Share," kata Product Manager Android, Daniel Marcos Schwaycer, sebagaimana dikutip KompasTekno dari Blog Google, Rabu (5/8/2020).

"Kami akan terus bekerja dengan para mitra kami untuk memboyong Nearby Share ke lebih banyak perangkat Android dalam beberapa minggu ke depan," imbuh Daniel.

Nantinya, Nearby Share akan berperan sebagai fitur ponsel -bukan aplikasi- dan bisa diakses melalui menu "Share" yang biasa pengguna temui setelah mereka memilih file, foto, atau video yang ingin dibagikan.

Setelah itu, seperti namanya, ponsel bakal mencari perangkat Nearby Share terdekat yang sedang aktif. Ponsel pun akan memilih protokol sistem pengiriman file yang paling optimal secara otomatis, baik Bluetooth, peer-to-peer WiFi, maupun WebRTC.

Baca juga: Samsung Bikin Fitur File Sharing Pesaing AirDrop

Pengguna  Nearby Share tidak memerlukan koneksi internet untuk sekadar mentransfer data dari satu perangkat ke perangkat lain, asalkan masih berada dalam radius jangkauan yang didukung oleh masing-masing protokol.

Perlu dicatat, untuk menggunakan Nearby Share, perangkat penerima file  juga mesti memiliki dan mengaktifkan fitur tersebut terlebih dahulu 

Dokumen atau konten yang dibagikan juga hanya bisa dikirim ke kontak atau kerabat yang terdaftar saja, tidak bisa sembarang perangkat. Pengguna pun bisa tahu apakah file yang diterima berasal dari orang yang terpercaya atau tidak.

Tak hanya smartphone, fitur pesaing AirDrop ini rencananya juga bakal mendukung perangkat berbasis OS Chromebook, sehingga memungkinkan pengguna memindahkan file antar perangkat tanpa menggunakan kabel.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X