Kompas.com - 22/05/2022, 12:30 WIB

KOMPAS.com - Sebagian dari Anda yang aktif main Twitter mungkin sudah tak asing lagi dengan salah satu fitur barunya yang bernama Spaces. Fitur ini memungkinkan setiap pengguna dapat berbagi audio dengan melakukan percakapan secara langsung.

Twitter Spaces pada dasarnya tergolong sebagai layanan social audio, sama seperti Clubhouse atau Spotify Greenroom (kini bernama Spotify Live). Dengan Twitter Spaces, pengguna bisa membuat semacam forum diskusi virtual yang diisi beberapa peserta di dalamnya.

Baca juga: Apa itu Akun Bot atau Spam yang Bikin Elon Musk Tunda Beli Twitter?

Adapun kategori peserta Twitter spaces terbagi menjadi tiga macam, yakni host/penyelenggara atau moderator, speaker (pembicara), dan pendengar atau peserta biasa.

Untuk saat ini, peserta yang dapat berbicara dalam satu waktu di Twitter Spaces maksimal adalah 13 orang (termasuk host dan 2 co-host). Host di Space Twitter berperan layaknya moderator, yang memberikan izin pada peserta untuk bisa berbicara di forum.

Fitur yang dirilis sejak pertengahan tahun lalu ini bisa diakses dengan mudah langsung di aplikasi Twitter pada ponsel berbasis Android atau iOS. Anda bisa menemukan menu Spaces di ikon mikrofon yang tertera pada bagian tengah sisi bawah layar aplikasi.

Kendati mudah diakses, beberapa pengguna mungkin tidak menemukan ikon tersebut di layar aplikasi Twitter, sehinga kesulitan untuk mengakses Spaces. Lantas, kenapa akun Twitter tidak bisa Spaces?

Pengguna tidak bisa mengakses Spaces akun Twitter miliknya dilindungi atau di-private. Saat akun Twitter di-private, ikon mikrofon untuk mengakses pembuatan forum di Spaces pun tidak akan muncul.

Namun, pengguna dengan akun tersebut masih bisa gabung ke forum Spaces lain. Bila Anda ingin mulai menggunakan Spaces di Twitter, silakan simak penjelasan yang lebih lengkap di bawah ini.

Menggunakan Spaces di Twitter

Cara membuat Spaces di Twitter

  • Buka aplikasi Twitter
  • Klik ikon mikrofon yang tertera di bagian bawah layar aplikasi untuk masuk ke halaman Spaces
  • Klik ikon mikrofon dengan tanda tambah untuk mulai membuat forum Spaces
  • Tambahkan nama forum yang hendak dibuat
  • Atur jadwal tayang Spaces bila diperlukan, bisa hingga dua minggu sebelum forum berlangsung
  • Bila ingin memulai forum saat ini, silakan langsung klik opsi “Start Now” setelah selesai menambahkan namanya
  • Setelah itu bakal muncul jendela baru berisi forum yang telah dibuat
  • Untuk mengundang peserta lain, klik ikon tanda panah ke atas yang tertera di jendela tersebut
  • Tautan undangan gabung forum bisa dibagikan via DM (Direct Message) atau unggahan Tweet
  • Untuk mengakhiri forum, silakan klik opsi “End”.

Ilustrasi cara membuat Spaces di TwitterKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Spaces di Twitter

Cara jadi host Twitter Spaces

Setiap pembuat forum Twitter Spaces bakal langsung otomatis menjadi host atau moderator. Host memiliki tugas utama untuk mengatur jalannya perbincangan di forum Spaces, seperti mengizinkan peserta untuk berbicara.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.