Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus Perkenalkan Monitor Gaming dengan Refresh Rate 500 Hz

Kompas.com - 28/05/2022, 11:01 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Asus memperkenalkan monitor gaming terbarunya, bernama ROG Swift 500 Hz di ajang pameran teknologi Computex 2022 di Taipei, Taiwan, beberapa waktu lalu.

Sesuai dengan namanya, monitor gaming ROG Swift tersebut hadir dengan angka refresh rate mencapai 500 Hz.

Asus ROG Swift 500 Hz disebut-sebut menjadi monitor gaming pertama dengan angka refresh rate tersebut. Sebelum kelahiran ROG Swift, angka refresh rate monitor gaming paling tinggi mentok di angka 360 Hz.

Dalam sebuah posting di situs resmi Republic of Gamers (ROG), Asus mengungkapkan bahwa kehadiran ROG Swift 500 Hz ini merupakan bentuk komitmen perusahaannya untuk terus mendorong bermain game ke level selanjutnya.

Baca juga: Laptop Gaming Asus ROG Zephyrus M16 Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Itulah alasan Asus yang membuat perusahaan terpacu untuk menghadirkan angka refresh rate yang lebih tinggi pada monitor gaming bikinannya dari tahun ke tahun.

Sedikit kilas balik ke belakang, pada 2012, Asus juga menjadi perusahaan yang pertama kali merilis monitor dengan refresh rate 144 Hz ke pasaran.

Pada 2017, Asus juga mengeklaim merilis monitor 240 Hz pertama di dunia. Lalu, Asus juga menyebut perusahannya menjadi yang pertama merilis monitor 360 Hz di dunia pada 2020.

Sekarang, Asus kembali menjadi yang pertama dengan memperkenalkan monitor gaming ROG Swift dengan refresh rate 500 Hz.

Lantas, sebenarnya apa keistimewaan monitor dengan refresh rate hingga 500 Hz?

Keistimewaan monitor dengan refresh rate 500 Hz

Sebelumnya perlu diketahui terlebih dahulu, refresh rate adalah angka yang mengukur seberapa sering sebuah frame (gambar) pada layar diperbarui (di-refresh) setiap detiknya.

Semakin tinggi angka refresh rate, maka semakin mulus gerakan yang ditampilkan di monitor.

Sederhananya, layar ponsel biasanya memiliki refresh rate 60 Hz, 90 Hz, hingga 120 Hz. Dalam kasus ini, monitor ROG Swift memiliki refresh rate hingga 500 Hz.

Nah, angka refresh rate 60 Hz tersebut mampu menampilkan 60 gambar setiap detiknya. Begitu juga layar 90 Hz, 120 Hz, dan 500 Hz yang masing-masing mampu menampilkan gambar 90, 120, dan 500 frame per detik.

Baca juga: Apa Itu Touch Sampling Rate pada Smartphone, Bedanya dengan Refresh Rate?

Dengan kata lain, secara teori, semakin tinggi angka refresh rate, semakin mulus pula gambar yang ditampilkan oleh layar atau monitor. Ini dikarenakan gambar yang ditampilkan setiap detik pada dasarnya lebih banyak, meski tidak terlihat secara kasat mata.

Monitor dengan angka refresh rate yang tinggi juga dapat memanjakan mata seseorang yang hobi bermain aneka game, seperti Counter-Strike: Global Offensive, Valorant, Overwatch, Rainbow Six Siege, dan sejenisnya, atau seorang yang menekuni dunia e-sports.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com