Cara Cari Longitude dan Latitude di Google Maps buat Isi Data Alamat

Kompas.com - 05/06/2022, 17:15 WIB

KOMPAS.com - Dalam persyaratan administrasi digital, seperti untuk melamar kerja atau registrasi akun tertentu, umumnya pengguna bakal diminta untuk melengkapi beberapa data diri, termasuk alamat tempat tinggal.

Data alamat kadang tidak diisi dengan nama jalan, nomor rumah, dan nama kecamatan saja, tapi pengguna biasanya diminta pula buat memasukkan titik koordinat dari lokasi tempat tinggalnya.

Baca juga: Jadi 25 Titik, Ini Cara Cek Ganjil Genap Jakarta Terbaru via Google Maps

Titik koordinat sendiri adalah kombinasi pertemuan dua garis khayal yang membagi bumi dalam sebuah peta, yakni Longitude (garis bujur) dan Latitude (garis lintang). Dua garis yang saling bertemu bakal membentuk titik koordinat sebagai penanda lokasi di peta.

Pada aplikasi peta dan navigasi Google Maps, pengguna juga bisa menemukan titik koordinat yang jadi penanda lokasi itu dengan mudah. Namun, mungkin tak banyak pengguna yang mengetahui di mana titik koordinat di Google Maps.

Biasanya titik koordinat di Google Maps tertera lewat beberapa format, misal format derajat, menit, dan detik (DMS), contohnya 41°24'12.2"N 2°10'26.5"E. Atau menggunakan format derajat dan menit desimal (DMM), contohnya 41 24.2028, 2 10.4418.

Selain itu, titik koordinat di Google Maps biasanya juga ditampilkan dengan format derajat desimal (DD), misalnya 41.40338, 2.17403. Titik koordinat dengan format seperti itu bisa ditemukan saat pengguna membuka Google Maps dan tengah mencari lokasi tertentu.

Setelah menemukan Longitude dan latitude di Google Maps, pengguna lalu bisa menyalinnya ke kolom pengisian data alamat. Sudah penasaran dengan bagaimana cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps?

Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps buat melengkapi data alamat.

Cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps

  • Buka aplikasi Google Maps di ponsel.
  • Pilih atau cari lokasi yang hendak ditemukan titik koordinatnya.
  • Setelah lokasi ditemukan, buka drop down menu yang tertera di bawah tampilan peta.
  • Gulir ke bawah hingga menemukan deretan angka yang tersusun sesuai dengan format titik koordinat, sebagaimana telah diterangkan sebelumnya.
  • Kemudian, ketuk titik koordinat tersebut dan aplikasi bakal otomatis membuatkan salinannya
  • Silakan tempel salinan titik koordinat tersebut pada kolom pengisian data alamat bila dibutuhkan.

Ilustrasi cara mencari Longitude dan Latitude di Google MapsKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps

Dengan cara di atas, pengguna tak perlu lagi repot untuk mencari dan mengetik ulang titik koordinat tempat tinggalnya pada kolom pengisian data alamat, sebagai syarat administrasi digital.

Baca juga: Arti Warna Jalan Biru, Hijau, Abu-abu, Kuning, dan Merah di Google Maps

Perlu diketahui, cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps tersebut dijajal pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15.5. Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula letak opsi dan tahapannya.

Demikian informasi seputar cara mencari Longitude dan Latitude di Google Maps buat mengisi data alamat, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.