Kompas.com - 23/06/2022, 11:00 WIB

KOMPAS.com - Nokia bersama operator seluler Finlandia, Elisa dan produsen chip Qualcomm mengeklaim bahwa perusahaan mencatat rekor baru kecepatan upload 5G sebesar 2,1 Gbps.

Rekor tersebut didapat setelah ketiga perusahaan melakukan demonstrasi produk solusi 5G milik Nokia, yaitu AirScale di stadion serba guna, Nokia Arena, di Kota Tampere, Finlandia, pada Rabu (22/6/2022).

Sebelumnya, rekor dari kecepatan upload yang tercatat adalah 986 mbps dari layanan jaringan Ericsson, Telstra, dan Qualcomm pada 2021 silam. Lalu, di tahun yang sama, Samsung, Verizon, dan Qualcomm mencatat rekor upload 711 Mbps dengan teknologi mmWave.

Nokia melakukan uji coba di stadion tersebut karena menjadi salah satu stadion pertama yang akan dilengkapi dengan jaringan 5G mmWave. Dengan memiliki kemampuan upload yang baik, hal ini akan meningkatkan performa dari penyiaran media secara langsung.

Baca juga: Rekor Dunia, Kecepatan Internet Tembus 319 Terabit Per Detik

Jika berhasil diterapkan, layanan jaringan tersebut juga berpeluang untuk memberikan layanan streaming video dengan resolusi 8K bagi penonton, dan meningkatkan pengalaman AR (augmented reality) di perangkat pengunjung/penonton.

Tidak hanya itu, pengunjung pun dapat menonton siaran secara langsung menggunakan kamera 360 melalui headset virtual reality (VR) dari tempat duduk mereka di rumah. Sehingga pertunjukkan dapat ditonton dengan lebih nyaman.

Di saat yang sama, penyiar yang ingin menyiarkan pertunjukkan di stadion turut mendapat manfaat yang sama, karena bisa menyajikan laporan langsung yang berkualitas tinggi. Konten tersebut bisa langsung dikirimkan ke perangkat seluler dan televisi.

Baca juga: Rata-rata Kecepatan Internet 5G di Indonesia Saat Ini

Masih uji coba

Akan tetapi, layanan yang direncanakan ini masih proses uji coba. Ketiga perusahaan di atas, Nokia, Elisa, dan Qualcomm, akan menyediakan base station dari AirScale dengan spektrum mmWave 26 Ghz, dibarengi dengan jaringan 5G dari Elisa.

Solusi BTS 5G Nokia AirScale.Nokia Solusi BTS 5G Nokia AirScale.

Kemudian, perangkat yang terhubung ke jaringan 5G Nokia itenagai oleh chip Snapdragon X65 5G, dengan chip RF generasi keempat yang diklaim mampu mengunduh data dengan kecepatan 10 gigabit per detik.

Teknologi Carrier Agregation digunakan Nokia dalam mengembangkan layanan ini, dengan empat komponen yang masing-masing memiliki kapasitas 100 mHz.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Fonearena
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.