Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Edge Bisa Dipakai Main Game Xbox Lewat Streaming

Kompas.com - 27/06/2022, 17:02 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Microsoft terus menambahkan fitur-fitur baru ke peramban (browser) Edge demi bersaing dengan para kompetitornya.

Salah satu yang terbaru adalah fitur Xbox Gaming, yang bisa diakses secara langsung melalui halaman utama (homepage) Edge, tepatnya melalui tab "Gaming".

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan para gamer, terutama pelanggan layanan berlangganan game dari Xbox, memainkan game favorit mereka langsung dari browser Edge tanpa aplikasi tambahan.

Pengguna layanan Xbox Game Pass Ultimate, misalnya, bisa langsung memainkan game-game yang tersedia di daftar pustaka (library) mereka tanpa harus memasang (install) game tersebut di komputer (PC).

Baca juga: Hideo Kojima Garap Game Baru di Xbox, Penggemar PlayStation Menentang

Selain bisa memainkan game secara langsung, fitur dengan desain yang menyerupai tampilan antarmuka (UI) aplikasi Xbox di PC ini juga bisa menyuguhkan beragam informasi seputar game dalam satu homepage.

Beberapa yang bisa ditampilkan mencakup berita game, tutorial bermain suatu game, tips dan trik, tayangan live streaming dari aneka game populer, turnamen e-sports, info terkait game-game baru, dan masih banyak lagi.

Ilustrasi sidebar di Microsoft Edge yang bisa dipakai untuk mengakses berbagai game gratis.Microsoft Ilustrasi sidebar di Microsoft Edge yang bisa dipakai untuk mengakses berbagai game gratis.
Selain fitur Xbox Gaming, pengguna juga bisa mengakses dan memainkan sejumlah game gratis secara langsung dari browser Edge, sebagaimana tampak pada gambar di atas.

Beberapa di antaranya seperti Microsoft Jewel, Mahjongg Dimensions, Deal or no Deal, Cubis, Battleship, hingga Surf Game.

Aneka game gratis ini bisa dimainkan melalui jendela di kanan layar alias sidebar baru. Tampilan ini bisa dimunculkan dengan cara mengeklik menu "Games" di daftar menu pengaturan alias "Options" browser.

Adapun menu "Options" tadi bisa diakses di ikon "tiga titik horisontal" yang terletak di pojok kanan tampilan Edge.

Baca juga: Microsoft Internet Explorer Disetop Hari Ini, Apa Penggantinya?

Bikin browser Edge tidak rakus RAM

Microsoft turut menghadirkan fitur Clarity Boost di dalam peramban Edge.

Fitur yang telah diuji coba di Edge versi awal (Canary) sejak November 2021 ini memungkinkan browser buatan Microsoft tersebut meningkatkan ketajaman serta kualitas visual aneka game yang dimainkan melalui layanan Xbox Cloud Gaming.

Microsoft juga mengeklaim bahwa peramban Edge nantinya akan lebih efisien dan tidak "rakus" resource hardware ketika digunakan untuk bermain game secara streaming.

Untuk ketersediaan, seluruh pembaruan Edge yang melibatkan game ini sudah tersedia dan bisa dijajal di browser Edge versi 103 ke atas, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari TheVerge, Senin (27/6/2022).

Seperti diketahui, Microsoft Edge sendiri merupakan browser bawaan (default) untuk sistem operasi (OS) Windows 10 ke atas, dan akan selalu diperbarui secara berkala.

Sehingga, pengguna tak perlu mengunduh pembaruan secara manual untuk menikmati fitur baru, termasuk tampilan Xbox Gaming tadi, di Edge.

Bagi pengguna OS lain, seperti pengguna Windows 8 ke bawah, yang ingin menjajal fitur-fitur gaming di Edge ini, mereka bisa mengunduh peramban Edge melalui tautan berikut ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com