Cara Mengganti Sampul pada Video Instagram dengan Mudah

Kompas.com - 28/06/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Sebagai platform media sosial untuk berbagi foto dan video, Instagram dibekali dengan berbagai fitur menarik yang memikat hati pengguna. Salah satu fitur yang mungkin cukup menarik adalah mengganti (edit) cover atau sampul pada video Instagram.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa mengganti gambar pratinjau pada video yang terdapat di halaman Feed Instagram. Gambar pratinjau itu berfungsi layaknya thumbnail pada video YouTube.

Baca juga: Cara Membuat NGL Link Instagram yang Sedang Viral di IG Stories

Thumbnail video di Instagram juga dapat menjadi semacam gambaran singkat pada penonton terkait isi video. Bila tidak diedit, cover tersebut biasanya bakal secara default menampilkan gambar dari potongan frame detik awal video Instagram.

Beberapa pengguna mungkin bakal bosan bila melihat cover video Instagram yang bersumber dari potongan frame itu. Selain itu, cover default tersebut mungkin bakal sulit untuk menjelaskan secara singkat isi video.

Dengan demikian, perlu kiranya untuk melakukan edit cover video Instagram. Untuk edit cover atau sampul, pengguna bisa mengetuk opsi “Sampul” yang tersedia ketika akan mengunggah video di Feed Instagram.

Cover video Instagram bisa diganti dengan gambar yang telah disiapkan dari galeri ponsel. Dalam hal ini, berarti pengguna diberi kesempatan menggunakan gambar dengan berbagai desain untuk dibuat jadi cover video Instagram.

Gambar dengan desain yang tepat pada cover video Instagram pada akhirnya bisa membuat tampilan halaman Feed jadi terlihat lebih menarik.

Sudah penasaran dengan bagaimana cara edit cover video Instagram? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara mengganti sampul video Instagram dengan mudah.

Baca juga: Cara Bikin Avatar di Instagram serta Membagikannya ke DM dan Stories

Cara mengubah cover video Instagram

  • Buka aplikasi Instagram, klik ikon tambah “Add” dan pilih opsi “Feed”.
  • Selanjutnya, pilih video dari galeri ponsel yang ingin di unggah ke Feed Instagram, lalu klik opsi “Selanjutnya”.
  • Tambahkan filter video sesuai dengan kebutuhan dan klik opsi “Selanjutnya”.
  • Pada halaman pengaturan pengunggahan, klik opsi “Sampul”.
  • Kemudian, klik opsi “Tambahkan dari rol kamera”.
  • Setelah itu, aplikasi Instagram bakal membuka galeri ponsel dan pilih salah satu gambar yang dirasa cocok untuk menggantikan cover default dari video tersebut.
  • Bila telah selesai mengatur dan menambahkan caption, klik opsi “Bagikan”.

Ilustrasi cara mengubah cover video InstagramKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara mengubah cover video Instagram

Baca juga: 9 Fitur Baru Instagram, Bisa Bikin Avatar hingga Bantu Cari Anak Hilang

Ketika sampul telah diganti, tampilan video dalam daftar di Feed Instagram akan berubah sesuai dengan gambar yang telah dipilih tadi. Sebagai informasi tambahan, cara di atas dijajal pada aplikasi Instagram yang terdapat di iPhone dengan versi sistem operasi 15.5.

Beda wadah untuk mengakses, mungkin bakal beda pula tahapan dan letak opsinya. Itulah cara mengubah cover video Instagram dengan mudah, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.