Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi 12T Pro Bakal Pakai Sensor Kamera 200 MP Buatan Samsung?

Kompas.com - 08/07/2022, 12:45 WIB

KOMPAS.com - Xiaomi dikabarkan tengah mempersiapkan smartphone terbarunya yang akan dibekali dengan sensor kamera 200 MP buatan Samsung untuk pertama kalinya.

Informasi itu diungkap oleh YouTuber gadget asal Vietnam dengan kanal bernama "The Pixel" dalam sebuah video.

Menurut kanal yang memiliki lebih dari 140.000 subscribers tersebut, ponsel ini nantinya merupakan suksesor Xiaomi 11T Pro yang akan mengusung nama Xiaomi 12T Pro.

Baca juga: Sensor Kamera 1 Inci Leica di Xiaomi 12S Ultra Boleh Dipakai Vendor Lain

Dalam video tersebut, sang YouTuber mengatakan bahwa Xiaomi 12T Pro akan dibekali sensor kamera 200 MP, tanpa menyebut secara detail model sensor yang akan disematkan.

Namun, menurut rumor yang beredar, ponsel ini kemungkinan bakal mengandalkan sensor kamera 200 MP buatan Samsung, yang bernama Isocell HP1. Sensor 200 MP ini konon menjadi yang pertama di industri mobile.

Sensor kamera yang diperkenalkan Samsung beberapa waktu lalu tersebut mengusung format 1/1,22 inci dengan ukuran native tiap piksel 0,64 mikron, serta mendukung teknologi ChameleonCell yang diklaim bisa meningkatkan kualitas gambar.

Baca juga: Samsung Bikin Sensor 200 MP dengan Piksel Terkecil di Industri

Selain sensor kamera mumpuni, ponsel ini juga disinyalir bakal dibekali dengan spesifikasi layaknya sebuah ponsel flagship.

Dari segi hardware, misalnya, Xiaomi 12T Pro disebut akan ditenagai dengan chipset Snapdragon 8 Plus Gen 1 yang dipadukan dengan RAM 8 GB dan dua opsi media penyimpanan (storage) yaitu 128 GB atau 256 GB.

Pada aspek daya, ponsel ini disinyalir bakal ditopang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat berdaya 120 watt.

Lalu pada sektor software, ponsel ini kemungkinan bakal menjalankan sistem operasi (OS) Android 12 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) khas Xiaomi versi terbaru, yaitu MIUI 13.

Fitur pendukung lainnya di Xiaomi 12T Pro merupakan layar OLED yang disebut bakal mendukung refresh rate 120 Hz, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari Gizchina, Jumat (8/7/2022).

Baca juga: Spesifikasi Xiaomi 12S Ultra yang Perdana Pakai Kamera Leica

Untuk kisaran harga, Xiaomi 12T Pro konon bakal dibanderol dengan harga termurah 13 juta Dong Vietnam atau sekitar Rp 8,3 juta.

Belum bisa dipastikan apakah kabar yang disampaikan The Pixel ini akurat atau tidak. Sebab, pihak Xiaomi belum mengumbar informasi apapun soal kehadiran Xiaomi 12T Pro, pun belum bisa dipastikan pula namanya akan seperti itu. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber GizChina
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.