Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

XL dan Axis Dilaporkan Gangguan Hari Ini, Sinyal Hilang serta "Tidak Ada Layanan"

Kompas.com - 07/07/2022, 17:07 WIB
Kevin Rizky Pratama,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jaringan XL Axiata (XL) dan Axis dilaporkan mengalami gangguan pada hari ini Kamis (7/7/2022).

Sejumlah pengguna XL dan Axis melaporkan hilang sinyal dan "tidak ada layanan", sehingga mereka tidak dapat menggunakan layanan di kedua operator seluler tersebut.

Pantauan KompasTekno di situs Downdetector, laporan adanya gangguan jaringan XL dan Axis meningkat tajam sejak pukul 16.00 WIB.

Update Jumat (8/7/2022) 14.45, pihak XL Axiata mengatakan bahwa gangguan tersebut terjadi selama sekitar satu jam dan jaringan sudah kembali normal. 

Setidaknya terdapat 303 laporan yang disampaikan sejumlah pengguna, di mana 69 persen di antaranya mengeluhkan hilangnya sinyal, 27 persen mengaku kesulitan mengakses jaringan internet, dan 4 persen lainnya sulit mengakses e-mail.

Baca juga: Trafik Meningkat, XL Axiata Tambah Kapasitas Data Jalur KRL Yogyakarta-Solo

Laporan tersebut berasal dari sejumlah pengguna di beberapa wilayah di Indonesia, mencakup kota Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bandung, Palu, Malang, dan Semarang.

Berdasarkan pantauan di laman Google Trend, kata kunci terkait gangguan jaringan Axis terpantau mulai tinggi sejak pukul 16.01 WIB.

Akibat dari gangguan ini, sejumlah pengguna XL Axiata dan Axis mengeluh di Twitter. Mereka menuliskan keluhannya sambil me-mention akun resmi layanan pelanggan @myXLCare,@XLAxiata_Tbk, @myXL, dan @ask_AXIS.

Salah seorang pengguna mengeluh hilang sinyal sambil mencantumkan tangkapan layar (screenshot) dari ponsel miliknya. Tangkapan layar tersebut memperlihatkan tanda sinyal yang kosong.

Baca juga: XL Janji Kecepatan 4G Makin Kencang jika 3G Mati Total

Hal senada juga diutarakan oleh akun Twitter @MyraKhalifa. Ia menjelaskan bahwa ponsel yang digunakannya tidak bisa mengakses sinyal XL karena terdapat notifikasi "No Service".

Pelanggan Axis juga mengeluhkan hal serupa. Akun Twitter @awwwkiki menyampaikan bahwa pada hari ini ia tidak bisa menggunakan layanan Axis lantaran kehilangan sinyal dari opsel tersebut.

Meski demikian, tidak semua pengguna mengalami gangguan ini. Pengguna XL di Twitter dengan handle @najaeminlucuu mengatakan dirinya tidak mengalami gangguan. Ia berlokasi di wilayah Bekasi.  

Pengguna dengan handle @beomkids mengatakan jaringan XL yang ia gunakan juga mengalami gangguan, namun, ada rekannya yang tidak mengalami.

KompasTekno sudah menghubungi pihak XL terkait kabar gangguan jaringan ini. Namun, XL belum memberikan pernyataan resmi terkait hal ini.

Update Jumat (8/7/2022) pukul 14.45

Pihak XL memberikan tanggapan terkait gangguan ini pada Jumat (8/7/2022) pukul 14.45. Menurut Tri Wahyuningsih, Group Head Corporate Communications XL Axiata, gangguan tersebut hanya terjadi selama sekitar satu jam dan jaringan kemudian berangsur normal.

"Gangguan teknis yang sempat terjadi beberapa saat (sekitar satu jam) pada jaringan XL Axiata di beberapa area kemarin sore telah kembali normal tidak lama kemudian. Kami mohon maaf atas ketidaknyamanan yang sempat dialami pelanggan," ungkap Tri kepada KompasTekno.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com