XL dan Axis Dilaporkan Gangguan Hari Ini, Sinyal Hilang serta "Tidak Ada Layanan"

Kompas.com - 07/07/2022, 17:07 WIB

KOMPAS.com - Jaringan XL Axiata (XL) dan Axis dilaporkan mengalami gangguan pada hari ini Kamis (7/7/2022).

Sejumlah pengguna XL dan Axis melaporkan hilang sinyal dan "tidak ada layanan", sehingga mereka tidak dapat menggunakan layanan di kedua operator seluler tersebut.

Pantauan KompasTekno di situs Downdetector, laporan adanya gangguan jaringan XL dan Axis meningkat tajam sejak pukul 16.00 WIB.

Update Jumat (8/7/2022) 14.45, pihak XL Axiata mengatakan bahwa gangguan tersebut terjadi selama sekitar satu jam dan jaringan sudah kembali normal. 

Setidaknya terdapat 303 laporan yang disampaikan sejumlah pengguna, di mana 69 persen di antaranya mengeluhkan hilangnya sinyal, 27 persen mengaku kesulitan mengakses jaringan internet, dan 4 persen lainnya sulit mengakses e-mail.

Baca juga: Trafik Meningkat, XL Axiata Tambah Kapasitas Data Jalur KRL Yogyakarta-Solo

Laporan tersebut berasal dari sejumlah pengguna di beberapa wilayah di Indonesia, mencakup kota Jakarta, Surabaya, Makassar, Yogyakarta, Bandung, Palu, Malang, dan Semarang.

Berdasarkan pantauan di laman Google Trend, kata kunci terkait gangguan jaringan Axis terpantau mulai tinggi sejak pukul 16.01 WIB.

Akibat dari gangguan ini, sejumlah pengguna XL Axiata dan Axis mengeluh di Twitter. Mereka menuliskan keluhannya sambil me-mention akun resmi layanan pelanggan @myXLCare,@XLAxiata_Tbk, @myXL, dan @ask_AXIS.

Salah seorang pengguna mengeluh hilang sinyal sambil mencantumkan tangkapan layar (screenshot) dari ponsel miliknya. Tangkapan layar tersebut memperlihatkan tanda sinyal yang kosong.

Baca juga: XL Janji Kecepatan 4G Makin Kencang jika 3G Mati Total

Hal senada juga diutarakan oleh akun Twitter @MyraKhalifa. Ia menjelaskan bahwa ponsel yang digunakannya tidak bisa mengakses sinyal XL karena terdapat notifikasi "No Service".

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.